Pemetaan Keragaman Genetik Ikan Gurami (Ospherenemus gouramy Lac) Di Kabupaten Lima Puluh Kota Menuju Perbaikan Broodstock

Azrita, Azrita (2016) Pemetaan Keragaman Genetik Ikan Gurami (Ospherenemus gouramy Lac) Di Kabupaten Lima Puluh Kota Menuju Perbaikan Broodstock. Dikti.

[img] Text
KONTRAK_APID_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ikan Gurami (Oshpronemus gouramy ) merupakan ikan asli Indonesia yang sudah menyebar ke wilayah Asia Tenggara dan di Provinsi Sumatera Barat kawasan pengembangan budidaya ikan Gurami terdapat di Kabupaten Lima Puluh Kota. Komoditas ini menjadi unggulan untuk dibudidayakan dan memberikan dampak nilai ekonomi kepada masyarakat. Permasalahan ikan gurami di Kabupaten Lima Puluh Kota khususnya di Kecamatan Luhak adalah kualitas induk yang tidak unggul lagi ditandai dengan jumlah telur sedikit, mortalitas benih tinggi dan pertumbuhan lambat dan jarang dilakukan pemuliaan induk. Untuk itu dalam usaha perbaikan kualitas genetik ikan perlu diketahui data dasar tentang tingkat keragaman genetik ikan gurami dari setiap ras yang dipelihara oleh petani ikan sehingga upaya perbaikan induk ikan gurami dapat dilakukan sehingga kesejahteraan petani pembudidaya ikan khususnya ikan gurami dapat ditingkatkan.

Item Type: Other
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: Mrs Azrita Azrita
Date Deposited: 13 Nov 2023 05:54
Last Modified: 13 Nov 2023 05:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17391

Actions (login required)

View Item View Item