STUDI PERIKANAN JARING INSANG MULTIFILAMENT YANG DIOPRASIKAN DI PERAIRAN AIR BANGIS KECAMATAN SUNGAI BEREMAS KABUPATEN PASAMAN BARAT

AFGAN AVERI, AFGAN AVERI (2017) STUDI PERIKANAN JARING INSANG MULTIFILAMENT YANG DIOPRASIKAN DI PERAIRAN AIR BANGIS KECAMATAN SUNGAI BEREMAS KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
barning kaset.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RINGKASAN AFGAN AVERI, NPM: 1210016211021. Studi Perikanan Jaring Insang yang dioperasikan di Perairan Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat.Dibimbing oleh Dr. Ir. Eni Kamal, M.Sc dan Ir. Yuspardianto, M.Si. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016 di perairan Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat.Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui spesifikasi alat tangkap jaring insang multifilament, metode penangkapan, daerah penangkapan ikan dan jenis ikan hasil tangkapan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Sedangkan data dikumpulkan secara primer melalui observasi langsung ke lapangan.Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, spesifikasi alat tangkap pada penelitian ini memiliki panjang jaring 50 m, jumlah mata jaring ke arah panjang 1.050 mata, dalam jaring 10 m, jumlah mata jaring ke arah dalam 130 mata. Ukuran mata jaring 3,5″ (8,75 cm), shortening 45,58%, benang berbahan PA, berwana hijau nomor 12. Jumlah pemberat 4 buah, jarak pemberat satu dengan yang lain 16 m serta 90 buah pelampung dengan jarak pelampung satu dengan yang lain adalah 1 m. Ukuran kapal Length Over All (LOA) panjang total 13,20 m, Breadth Over all (BOA) lebar total 2,87 m, dalam 0,90 m, draft 0,63 m dan bahan utama kayu. Mesin penggerak mitsubitshi 80 PK. Cara pengoperasian alat tangkap jaring insang multifilament yaitu dengan cara posisi kapal lurus kedepan pada saat itu alat tangkap diturunkan. Kemudian jaring dilepas kelaut dan ujung tali slambar jaring diikat di atas kapal, 2 jam atau 3 jam dalam laut kemudian jaring di bangkit atau di tarik. Jarak penangkapan alat tangkap insang sekitar 3,84 mil atau sama dengan 7 km dari pantai dan waktu yang dibutuhkan mencapai lokasi fishing ground sekitar 30-50 menit dengan kecepatan 3–5 knot. Kedalaman fishing ground berkisar antara 10–15 m dari dasar permukaan laut dan jenis ikan yang menjadi sasaran tangkapan yaitu ikan pelagis dan ikan demersal. Jenis ikan hasil tangkapan yang dapat di lokasi penelitian adalah.Ikan Tenggiri (Cybium commersoni), Ikan Bawal Hitam (Stromateus niger), Ikan Hiu (Selachimorpha), Ikan Kakap Sirip Hitam (Apsilus dentatus), Ikan Selar Kuning (Selaroidesleptolepis), dan Ikan Selar Tetengkek (Megalapis cordyla).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:20
Last Modified: 14 Nov 2023 02:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17408

Actions (login required)

View Item View Item