STUDI RANCANG BANGUN PERAHU GILL NET DI MUARA JAMBU NAGARI PUNGGASAN UTARA KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI KABUPATEN PESISIR SELATAN

RYAN USMAN, RYAN USMAN (2017) STUDI RANCANG BANGUN PERAHU GILL NET DI MUARA JAMBU NAGARI PUNGGASAN UTARA KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
STUDI RANCANG BANGUN PERAHU GILL NET DI MUARA JAMBU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RINGKASAN Ryan Usman, Npm 1310016211007. Studi Rancang Bangun Perahu Gill Net di Muara Jambu Nagari Punggasan Utara Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Dibimbing oleh Ir. Suardi ML.,M.Si dan Bukhari. S.Pi.,M,Si Penelitian ini bertujuan untuk menentukan gambar rancangan rencana garis, rancangan rencana konstruksi, serta rancangan rencana tata ruang umum perahu yang dibangun atau sesudah dibangun, menganalisis spesifikasi kontruksi yaitu jenis material yang digunakan dalam pembuatan perahu, serta tata cara pelaksanaan konstruksi, menghitung anggaran biaya yang diperlukan dalam proses pembangunan konstruksi perahu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2017 di Desa Muara Jambu Nagari Punggasan Utara Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu dengan cara melihat langsung ke lapangan dan selanjutnya mengamati dan melihat cara pembuatan perahu di daerah penelitian. Perahu sampel ini didapatkan dengan metoda purposive sampling terutama dalam pengambilan data untuk mendapatkan ukuran detail perahu gillnet, serta menghitung anggaran biaya yang diperlukan dalam pembangunan satu unit perahu dengan cara mewawancarai langsung pada pemilik perahu tersebut. Hasil perhitungan yang didapat dalam pengukuran satu unit perahu sampel ukuran utama perahu sampel yang diteliti adalah ; LOA (Long Over All) = 9,70 m, LWL (Lenght Water Line) = 9.00 m, LBP (Length Beetwen Perpendicular) = 8,40 m, BOA (Breadth Over All) = 1,45 m, D (Depth) = 0,76 m, d (Draft) = 0,45 m. Dan nilai perbandingan ukuran utama L/B = 6,69, L/D= 12,7, B/D= 1,90. Hasil penelitian yang didapatkan model/bentuk pada bagian tengah lambung perahu berbentuk “U”, sedangkan pada bagian lambung haluan dan buritan berbentuk “V”. Rancangan bangun perahu Gill Net terbagi atas 3 gambar, yaitu gambar tampak samping, gambar tampak depan dan gambar tampak atas. Jenis kayu yang digunakan dalam pembangunan perahu yaitu kayu Katuko (Diterocorpus spec DIV) ,Resak (Vatica spp.), Medang (Litsea firma Hook), Balau (Shorea spp.), Laban (Vitexpubesceus Vahl), Merawan (Hoopeadaasyrrachis VSI). Anggaran biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan 1 (unit) perahu yaitu sebesar Rp. 10.975.000,-( sepuluh juta sembilan ratus tujuh puluh lima ribu rupiah), dimana biaya yang paling besar dikeluarkan yaitu terdapat pada biaya lunas perahu sebesar Rp. 600.000,- dan permesinan sebesar Rp. 21.500.000,- ( dua puluh satu juta lima ratus ribu rupiah).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:42
Last Modified: 14 Nov 2023 07:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17435

Actions (login required)

View Item View Item