PENGARUH PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL, KUALITAS AUDIT DAN MULTIPLE LARGE SHAREHOLDER STRUCTURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

Defri Saputra, Defri Saputra and Dwi Fitri Puspa, puspa and MukhlizulHamdi, MukhlizulHamdi (2018) PENGARUH PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL, KUALITAS AUDIT DAN MULTIPLE LARGE SHAREHOLDER STRUCTURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
1410011311109_Defri Saputra_Akuntansi_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL, KUALITAS AUDIT DAN MULTIPLE LARGE SHAREHOLDER STRUCTURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Defri Saputra1 , Dwi Fitri Puspa2 ,MukhlizulHamdi2 Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta Email : defrisaputra28@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini meneliti tentang pengaruh pengungkapan modal intelektual, kualitas audit dan multiple large shareholder structure terhadap nilai perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalahperusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013 sampai dengan tahun 2017 sebanyak 141 perusahaan.Sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling, sehingga perusahaan yang dijadikan sampel sebanyak 50 perusahaan. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berasal dari laporan tahunan, laporan keuangan perusahaan pada website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu www.idx.co.id. Hasil membuktikan bahwa (1) pengungkapan modal intelektual tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan,(2) independensi auditor tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (3) kompetensi auditor berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) multiple large shareholder structure berpengaruh negative terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini disarankan: (1) Bagi peneliti selanjutnya agar dapat memperpanjang rentang wakru agar didapat hasil yang lebih baik. (2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah variabel independen lain terhadap nilai perusahaan seperti pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, rapat komite audit, ukuran perusahaan, kepemilikan asing dan kepemilikan institusional. Katakunci : Nilai Perusahaan, pengungkapan modal intelektual, independensi auditor dan kompetensi auditor dan multiple large shareholder structure

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 15 Nov 2023 01:30
Last Modified: 15 Nov 2023 01:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17438

Actions (login required)

View Item View Item