PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, UMUR PERUSAHAAN, DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING SAHAM PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2013-2017

Danil Oktavian, Danil Oktavian and Meihendri, Meihendri and Yeasy Darmayanti, Yeasy Darmayanti (2018) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, UMUR PERUSAHAAN, DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING SAHAM PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2013-2017. Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi DANIL OKTAVIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)

Abstract

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, UMUR PERUSAHAAN, DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING SAHAM PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2013-2017. Danil Oktavian1 , Meihendri2 , Yeasy Darmayanti2 1 Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta Email : daniel.libra12@yahoo.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, umur perusahaan, dan financial leverage terhadap tingkat underpricing saham pada perusahaan yang melakukan initial public offering (IPO). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang melakukan initial public offering (IPO) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013 sampai dengan 2017. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang memenuhi syarat adalah sebanyak 77 perusahaan dari 122 perusahaan yang melakukan IPO tahun 2013 sampai dengan tahun 2017. Data yang digunanakan merupakan data sekunder yang berasal dari website resmi Bursa Efek Indonesi (BEI) yaitu www.idx.co.id. Pengolahan data menggunakan program SPSS v.16. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing. Profitabilitas berpengaruh terhadap tingkat underpricing. Umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing. Financial leverage berpengaruh terhadap tingkat underpricing. Kata kunci : ukuran perusahaan, profitabilitas, umur perusahaan, financial leverage, underpricing, dan initial public offering (IPO).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 15 Nov 2023 01:54
Last Modified: 15 Nov 2023 01:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17444

Actions (login required)

View Item View Item