PENGARUH KARAKTERISTIK LEGISLATIF TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH DENGAN OPINI AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( STUDI EMPIRIS PADA PEMERINTAH KAB/KOTA DI PULAU SUMATERA )

Utama Efendi, Utama Efendi and Zaitul, Zailtul and Yunilma, Yunilma (2018) PENGARUH KARAKTERISTIK LEGISLATIF TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH DENGAN OPINI AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( STUDI EMPIRIS PADA PEMERINTAH KAB/KOTA DI PULAU SUMATERA ). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
skripsi lengkap11.docx
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)

Abstract

PENGARUH KARAKTERISTIK LEGISLATIF TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH DENGAN OPINI AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI ( STUDI EMPIRIS PADA PEMERINTAH KOTA DI PULAU SUMATERA ) Utama Efendi1, Zaitul1, Yunilma2 Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta Email : thamaefendi@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan secara empiris dampak karakteristik legislatif seperti ukuran legislatif, umur, gender dan latar belakang pendidikan terhadap kinerja pemerintah dengan opini sebagai variabel pemoderasi. Dalam penelitian ini menggunakan 56 kabupaten dan kota. Penelitian ini menggunakan empat variabel independen yaitu ukuran legislatif, umur, gender dan latar belakang pendidikan, satu variabel dependen yaitu kinerja pemerintah, juga menggunakanan satu variabel moderasi yaitu opini. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Statistical Package for the Social Sciences.(SPSS). Hasil test menemukan bahwa ukuran legislatif tidak berpengaruh terhadap kinerja pemerintah daerah, umur tidak berpengaruh terhadap kinerja pemerintah daerah, gender tidak berpengaruh terhadap kinerja pemerintah daerah, latar belakang pendidikan tidak berpengaruh terhadap kinerja pemerintah daerah, opini berpengaruh terhadap kinerja pemerintah daerah. Dan hasil test juga menemukan bahwa opini tidak mampu memoderasi hubungan ukuran legislatif, umur, gender dan latar belakang pendidikan terhadap kinerja pemerintah . Kata Kunci : ukuran legislatif, umur, gender, latar belakang pendidikan, opini, kinerja pemerintah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:02
Last Modified: 15 Nov 2023 02:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17447

Actions (login required)

View Item View Item