PENGARUH PERSAINGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada UKM Kota Padang)

Harival Saputra, Harival Saputra and Zaitul, Zailtul and Yeasy Darmayanti, Yeasy Darmayanti (2018) PENGARUH PERSAINGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada UKM Kota Padang). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
PENGARUH PERSAINGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)

Abstract

PENGARUH PERSAINGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada UKM Kota Padang) Harival Saputra1 , Zaitul2 , Yeasy Darmayanti2 Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta Email : harival@yahoo.com ABSTRAK Kinerja manajerial merupakan sangat penting dalam menentukan kinerja perusahaan. Namun, penelitian sebelumnya masih sedikit meneliti faktor penentu kinerja manajerial dan peran sistem akuntansi manajemen sebagai mediasi antara persaingan dan kinerja manajerial, khususnya menggunakan UKM sebagai objek penelitian. Jumlah UKM di kota Padang mengalami peningkatan sehingga meningkatnya jumlah pesaing-pesaing pada jenis usaha terkait. Kondisi persaingan ketat inilah yang diduga akan mempengaruhi baik atau buruknya kinerja manajerial dan kinerja UKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persaingan terhadap kinerja manajerial baik secara langsung ataupun dimediasi oleh Sistem Akuntansi Manajemen. Objek penelitian ini adalah UKM yang terdaftar pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang. Dengan menggunakan teknik simple random sampling maka jumlah sampel atau responden yang diambil adalah sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah path analysis dengan metode SEM serta uji t statistic untuk pengujian hipotesisnya. Hasil penelitian ini adalah persaingan berpengaruh sisgnifikan positif terhadap kinerja manajerial. Begitu juga dengan Sistem Akuntansi Manajemen yang berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja manajerial. Namun, Sistem Akuntansi Manajemen tidak mampu menjadi variabel mediasi antar persaingan dengan kinerja manajerial. Kata Kunci: Kinerja Manajerial, Persaingan, dan Sistem Akuntansi Manajemen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:42
Last Modified: 16 Nov 2023 02:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17475

Actions (login required)

View Item View Item