KAJI EKSPERIMENTAL UNTUK MENINGKATKAN PERFORMANSI DESTILASI SURYA BASIN TIGA TINGKAT DENGAN CERMIN PEMANTUL UNTUK MENGOLAH AIR LAUT MENJADI AIR TAWAR

Al, Fianri and Mulyanef, Mulyanef and kaidir, kaidir (2018) KAJI EKSPERIMENTAL UNTUK MENINGKATKAN PERFORMANSI DESTILASI SURYA BASIN TIGA TINGKAT DENGAN CERMIN PEMANTUL UNTUK MENGOLAH AIR LAUT MENJADI AIR TAWAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Al Fianri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah di lakukan penelitian tentang “ Kaji Eksperimental Untuk Meningkatkan Performansi Destilasi Surya Basin Tiga Tingkat Dengan Cermin Pemantul Untuk Mengolah Air Laut Menjadi Air Tawar”dengan metode experimen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dari alat pengolah air laut menjadi air tawar dengan memamfaatkan energi surya dengan cara pembuatan alat destilasi energi surya basin tiga tingkat, plat penyerap,dan kaca pemantul serta kaca penutup satu kemiringan. Air laut dimasukkan kedalam basin (bak penampung) dengan luas kolektor bagian bawah 0,65 m2 , bagian tengah 0,4 m2 dan bagian atas 0,4 m 2 dengan volume 9000 ml atau 3000 ml setiap basinnya dan kemiringan kaca penutup 15°, radiasi matahari akan di pantulkan oleh cermin pemantul menuju plat penyerap kemudian plat penyerap akan memanaskan air laut, sehingga air laut menguap dan terkondensasi secara alamiah. Dari penelitian yang dilakukan dengan 9000 ml air laut yang digunakan dalam pengujian di dapatkan Produktivitas air tawar pada basin satu (bawah) 124 ml, basin dua (tengah) sebanyak 49 ml dan basin tiga ( atas ) sebanyak 67 ml dengan rata-rata intensitas 632,79 W/m². Pengujian di lakukan dari jam 08:00-17:00. Terdapat peningkatan produktivitas 93 % di bandingkan dengan tanpa menggunakan cermin pemantul. Kata Kunci: Energi Surya, Air laut, Destilasi, Kolektor Basin Bertingkat, Air Tawar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:15
Last Modified: 17 Nov 2023 02:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17483

Actions (login required)

View Item View Item