Dimi, Apriesta and Suryadimal, Suryadimal and kaidir, kaidir (2018) MODIFIKASI MOTOR BAKAR 4 TAK SELINDER 100CC MENJADI 125CC. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
Dimi Apriesta.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) |
Abstract
Modifikasi kendaraan bermotor di Indonesia sering dilakukan, baik kendaraan mobil maupun kendaraan sepeda motor. Modifikasi yang dilakukan pada sepeda motor adalah modifikasi pada motor Supra 100cc menjadi motor Supra 125cc. Motor Supra 100cc dengan tenaga yang tidak cukup besar dan memiliki kekurangan dibidang ruang bakar, seperti perbandingan kompresi 9:1 dengan kapasitas yang kurang menghasilkan tenaga dan putaran masih rendah, hanya menghasilkan daya maksimum 7,6 HP pada putaran mesin 8000 rpm Torsi maksimum 0,74 kgf.m/6000 rpm. Dalam ruang bakar kapasitas silinder ditingkatkan menjadi 125cc dengan menggunakan katup masuk dan katp keluar yang lebih besar dan diameter torak yang lebih besar serta langkah (stroke) yang lebih panjang. Kemudian diimbangi dengan penggunaan poros engkol (crankshaft) yang lebih berat, pada cylinder dan rantai tensioner 4 dibuat minim dengan gesekan mampu menghasilkan daya maksimum 9,76 HP/ 7500 rpm dan Torsi maksimum 1,03 kgf.m/ 4000 rpm. Dengan daya dan torsi yang cukup besar maka Honda Supra X 125cc memiliki performa yang lebih baik dari sepeda motor Honda Supra 100cc. Peningkatan kapasitas cylinder dapat dilakukan dengan cara menggunakan diameter piston yang lebih besar dan melakukan pengurangan dinding cylinder (lemmer) lalu memasukan piston yang lebih besar, tetapi hal ini akan memberikan efek panas berlebih pada dinding cylinder yang dikarenakan berkurangnya ketebalan dinding cylinder. Cara lain untuk meningkatkan kapasitas ruang bakar adalah memperbesar lubang dinding pada cylinder blok dan dinding crankcase. Kemudian dengan memasukkan cylinder yang lebih besar dengan ketebalan dinding cylinder yang lebih besar pula (bore up), secara otomatis pemakaian diameter piston besar dapat digunakan. Dengan cara ini tenaga motor akan terdongkrak sangat tinggi karena kapasitas cylinder naik secara drastic dan panas yang ada pada dinding-dinding cylinder dapat diredam oleh ketebalan dinding cylinder tersebut. Kata Kunci : Motor bakar, Modifikasi kapasitas cylinder, Asembly
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 08:02 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 08:02 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17500 |
Actions (login required)
View Item |