ANALISA DENSITAS MATERIAL BIOKOMPOSIT HA-BOROSILIKAT DENGAN KOMPOSISI DAN GAYA KOMPAKSI CETAKAN YANG BERBEDA PADA TEMPERATUR SINTERING 9000C

Hari, Dirja and Burmawi, Burmawi and Edi, Septe (2018) ANALISA DENSITAS MATERIAL BIOKOMPOSIT HA-BOROSILIKAT DENGAN KOMPOSISI DAN GAYA KOMPAKSI CETAKAN YANG BERBEDA PADA TEMPERATUR SINTERING 9000C. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Hari Dirja.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Biokeramik HA-Borosilikat secara luas digunakan dalam berbagai aplikasi implan tulang karena kesamaannya dengan fase mineral tulang dan terbukti biokampatibel dengan tulang dan gigi manusia. HA-Borosilikat diaplikasikan sebagai material graft tulang dengan mengkaji sifat fisika agar dapat mendekati nilai densitas tulang manusia. Dimana untuk membentuk komposit Borosilikat difungsikan sebagai matrik dan Hidroksiapatit sebagai reinforcement. Pada penelitian ini pencampuran material HA-Borosilikat diatur komposisinya yaitu : 70:30, 75:25, 80:20, 85:15, 90:10 Wt % dan dihaluskan menggunakan Ball Milling. Pembentukan spesimen uji, dilakukan dengan cara dicetak dengan gaya kompaksi 5 kN, 15 kN, dan 25 kN. Setelah proses kompaksi dilakukan sintering pada furnace dengan temperatur 900°C selama 3 jam. Untuk mengetahui nilai densitas dari Biokomposit HA-Borosilikat dilakukan pengukuran menggunakan metode archimedes. Hasil pengukuran memperlihatkan nilai densitas tertinggi terdapat pada gaya kompaksi 25 kN pada komposisi 90:10 Wt.% atau sebesar 0,002651 gr/mm3 . Sedangkan nilai densitas terendah diperoleh pada gaya kompaksi 5 kN dengan komposisi 75:25 Wt % atau sebesar 0,001374 gr/mm3 . Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa densitas HA-Borosilikat dipengaruhi oleh komposisi borosilikat dan gaya kompaksi. Gaya kompaksi akan menyebabkan struktur material semakin padat, sementara komposisi reinforcement meningkatkan kekuatan HA-Borosilikat. Kata kunci : Biokomposit, Hidroksiapatit, Borosilikat, Gaya Kompaksi, Sintering.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:56
Last Modified: 20 Nov 2023 01:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17522

Actions (login required)

View Item View Item