PERLINDUNGAN TERUMBU KARANG MENURUT HUKUM LINGKUNGAN INTERNASIONAL DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA (Studi Kasus: Pulau Swarnadwipa Sumatera Barat)

AIDIL PERMATA, AIDIL PERMATA (2018) PERLINDUNGAN TERUMBU KARANG MENURUT HUKUM LINGKUNGAN INTERNASIONAL DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA (Studi Kasus: Pulau Swarnadwipa Sumatera Barat). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
skripsi_AIDIL PERMATA_1210012111177.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERLINDUNGAN TERUMBU KARANG MENURUT HUKUM LINGKUNGAN INTERNASIONAL DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA (Studi Kasus: Pulau Swarnadwipa Sumatera Barat) 1 Aidil Permata 2 , Narzif , Dwi Astuti Palupi 1 . 1 Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta 2 Prodi Ilmu Hukum, Dosen Luar Biasa Universitas Bung Hatta Email : aidilpermata78@gmail.com ABSTRAK Terumbu karang merupakan salah satu komponen utama sumber daya pesisir dan laut, disamping hutan mangrove dan padang lamun serta memegang peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut yang diatur dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Rumusan masalah 1) Bagaimanakah Perlindungan Hukum Lingkungan Internasional terhadap Kerusakan Terumbu Karang? 2) Bagaimanakah peran Dinas Kelautan dan Perikanan terhadap perlindungan terumbu karang di wilayah Sumatera Barat (Pulau Swarnadwipa)? Pendekatan yang digunakan adalah hukum sosiologis. Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, studi dokumen dan data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian 1) Perlindungan hukum lingkungan internasional terhadap kerusakan terumbu karang diatur dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 dengan cara melakukan proses pelestarian. 2) Peran Dinas Kelautan dan Perikanan terhadap perlindungan terumbu karang memegang peranan yang penting, solusi yang dilakukan untuk mengurangi kerusakan terumbu karang akibat pencurian diantaranya melibatkan secara langsung masyarakat pesisir dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan perairan terumbu karang. Kata kunci: Perlindungan Hukum, Kerusakan, Terumbu Karang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:58
Last Modified: 20 Nov 2023 01:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17523

Actions (login required)

View Item View Item