STUDI DESTILASI AIR LAUT TENAGA SURYA MENGGUNAKAN BASIN BERTINGKAT DAN CERMIN PEMANTUL UNTUK MENGHASILKAN AIR TAWAR DAN GARAM

RORI, ARMAN and Mulyanef, Mulyanef and Iman Satria, Iman (2018) STUDI DESTILASI AIR LAUT TENAGA SURYA MENGGUNAKAN BASIN BERTINGKAT DAN CERMIN PEMANTUL UNTUK MENGHASILKAN AIR TAWAR DAN GARAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ORI ARMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Air dan garam adalah sesuatu yang harus ada di kehidupan manusia dalam keseharian. kebutuhan tersebut belum bisa dirpenuhi oleh sebagian masyarakat di Indonesia yang berada di daerah pantai. Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan air tawar adalah dengan cara mengolah air laut dengan menggunakan destilasi tenaga surya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan produktivitas alat pengolah air laut menjadi air tawar dan garam dengan memamfaatkan energi surya dengan cara pembuatan alat destilasi energi surya bertingkat banyak, plat penyerap bertingkat, kaca penutup satu kemiringan. Air laut dimasukkan kedalam basin (bak penampung) dengan luas penampang (120 cm x 20 cm) x 5 + (120 cm x 20 cm) x 4 dengan volume 15000 ml dan kemiringan kaca penutup 30°, panas matahari memanaskan plat penyerap dan air laut, sehingga air laut menguap dan terkondensasi secara alamiah. Dari penelitian yang dilakukan dengan 15 liter air laut yang digunakan dalam pengujian di dapatkan hasil garam sebanyak 385,5 gr selama 5 hari dan air tawar sebanyak 11517 ml dengan rata-rata intensitas 435,92 W/m². Kata Kunci:, Energi Surya, Air laut,Destilasi, Air Tawar dan Garam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:54
Last Modified: 20 Nov 2023 03:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17553

Actions (login required)

View Item View Item