KARAKTERISTIK SIFAT MEKANIK SERBUK CANGKANG KEMIRI YANG BERUKURAN 45 µm ≤ D ≤ 75 µm SEBAGAI BAHAN PENGUAT DARI MATERIAL POLIMER POLYPROPILENA (PP) DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI

RAHMAT, BUDI ALAMSYAH and Yovial, Mahyoeddin and Edi, Septe (2018) KARAKTERISTIK SIFAT MEKANIK SERBUK CANGKANG KEMIRI YANG BERUKURAN 45 µm ≤ D ≤ 75 µm SEBAGAI BAHAN PENGUAT DARI MATERIAL POLIMER POLYPROPILENA (PP) DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
RAHMAT BUDI ALAMSYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Komposit merupakan sejumlah sistem multifasa sifat gabungan, antara bahan matriks atau pengikat, dengan penguat. Proses pembentukan komposit itu sendiri di pengaruhi oleh berbagai parameter yang berdampak pada sifat mekanik bahan. Penelitian ini bertujuan memperkirakan optimasi parameter proses pembentukan komposit berdasarkan sifat mekaniknya berupa kekuatan, ketangguhan, dan kekerasan dengan menggunakan metode taguchi. Pengujian yang dilakukan adalah uji tarik, uji impak , dan uji kekerasan. Campuran serbuk cangkang kemiri berukuran 45 µm ≤ d ≤ 75 µm yang digunakan sebagai penguat komposit dan polimer polipropilena (pp) sebagai matriks. Penelitian ini di lakukan dengan membuat variasi perbandingan komposisi (30% : 70%, 40% : 60%, 50% : 50%) , waktu (5 menit, 7 menit, 10 menit), dan kecepatan (100 rpm, 150 rpm, 200 rpm) hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa nilai optimum parameter pembuatan spesimen menurut metode taguchi dengan campuran serbuk cangkang kemiri berukuran 45 µm ≤ d ≤ 75 µm terdapat pada (komposisi 30% : 70%, waktu 10 menit, dan kecepatan 150 rpm) menghasilkan kekerasan tertinggi, sedangkan kekuatan tarik tertinggi di peroleh pada (komposisi 40% : 60%, waktu 5 menit, kecepatan 150 rpm) selanjutnya ketangguhan spesimen terdapat pada (komposisi 40% : 60%, waktu 5 menit, kecepatan 100 rpm). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komposisi penguat dan matrik, waktu dan kecepatan pengadukan mempengaruhi sifat mekanik material komposit yang di buat. Kata Kunci : Komposit, serbuk cangkang kemiri, polimer polipropilena, sifat mekanik, dan metode taguchi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:04
Last Modified: 20 Nov 2023 04:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17556

Actions (login required)

View Item View Item