ANALISA POROSITAS MATERIAL BIOKOMPOSIT, HAPBOROSILIKAT DENGAN VARIASI GAYA KOMPAKSI CETAKAN DAN KOMPOSISI PADA TEMPERATUR 1000°C

Rendra, Marihot Pardede and Burmawi, Burmawi and Rizky, Arman (2018) ANALISA POROSITAS MATERIAL BIOKOMPOSIT, HAPBOROSILIKAT DENGAN VARIASI GAYA KOMPAKSI CETAKAN DAN KOMPOSISI PADA TEMPERATUR 1000°C. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Rendra Marihot Pardede.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hidroksiapatit adalah senyawa yang paling sering digunakan, terutama untuk bidang ortopedi dan periodontal. Hidroksiapatit termasuk senyawa mineral anggota kelompok mineral apatit yang merupakan unsur anorganik utama penyusun tulang dan gigi. Akan tetapi hidroksiapatit bersifat rapuh sehingga agak sulit dibentuk sesuai dengan bahan implan yang dibutuhkan sebagai pengganti tulang. Serbuk hidroksiapatit yang dipakai untuk implan pada tulang yang rusak memiliki kelemahan yaitu tidak stabil ditanam sebagai implan. Porositas merupakan persentase perbandingan volume kosong (rongga) dengan volume benda padatnya. Porositas pada hidroksiapatit berfungsi untuk menyalurkan makanan, darah cair, dan lain-lain yang semuanya bertujuan untuk pertumbuhan graft tulang. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan porositas material biokomposit HAP-Borosilikat dengan variasi gaya tekanan cetakan dan komposisi pada temperatur 1000 ˚C dengan gaya tekan cetakan 5 kN, 15 kN dan 25 kN. Dapat disimpulkan bahwa semakin banyak serbuk borosilikat maka sifat mekanis biokomposit yang di hasilkan setelah dilakukan pengujian juga mempunyai sifat yang berbeda ada yang mempunyai porositas yang besar dan ada yang mempunyai porositas yang kecil maka hasil dari spesimen yang telah dibuat dapat tumbuh apabila di implankan pada tubuh manusia. KATA KUNCI : Biokomposit, Hidroksiapatit, Borosilikat, Porositas, Sintering.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:07
Last Modified: 20 Nov 2023 04:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17558

Actions (login required)

View Item View Item