PENGARUH PROFITABILITY, FIRM SIZE,KLASIFIKASI KAPDAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP INCOME SMOOTING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2013-2017

Hamda Saputra, Hamda Saputra and Herawati, Herawati and Ethika, Ethika (2018) PENGARUH PROFITABILITY, FIRM SIZE,KLASIFIKASI KAPDAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP INCOME SMOOTING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2013-2017. Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI FULL HAMDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PROFITABILITY, FIRM SIZE, KLASIFIKASI KAP DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP INCOME SMOOTHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2013-2017 Hamda Saputra1 , Herawati2 , Ethika3 Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta Email : Putrasupanjang1234@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pengaruh profitability, firm size, klasifikasi kap dan kepemilikan manajerial terhadap income smoothing. Salah satu bentuk fenomenanya adalah manipulasi laporan keuangan terjadi pada perusahaan milik Grup Bakri. Indonesia Coruption Watch (ICW) melaporkan penjualan tiga perusahaan tambang batu bara milik Grup Bakrie kepada Direktorat Jendral Pajak. ICW menduga rekayasa pelaporan yang dilakukan PT Bumi Resources Tbk dan anak usaha sejak 2003-2008 tersebut menyebabkan kerugian negara sebesar US$ 620,49 juta. Hasil perhitungan ICW dengan menggunakan berbagai data primer termasuk laporan keuangan yang telah diaudit, menunjukkan laporan penjualan Bumi selama tahun 2003-2008 lebih rendah US$ 1,06 miliar dari yang sebenarnya. Hal ini akan memberikan kerugian negara dari kekurangan penerimaan Dana Hasil Produksi Batubara (royalti) sebesar US$ 143,18 juta. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode pengamatan mulai tahun 2013-2017. Berdasarkan dari populasi tersebut akan ditentukan sampel yang menjadi objek penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian ini ada 19 perusahaan yang akan dijadikan sampel. Pengolahan data menggunakan SPSS 22.00. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel Profitability berepengaruh negatif terhadap perataan laba, variabel Firm Size dan kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap perataan laba, sedangkan variabel Klasifikasi KAP tidak berpengaruh terhadap perataan laba. Kata Kunci : Perataan laba (Income Smoothing), Profitability, Firm Size, Klasifikasi KAP, Kepemilikan Manajerial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:48
Last Modified: 20 Nov 2023 06:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17582

Actions (login required)

View Item View Item