FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK HOTEL KATEGORI RUMAH KOS (Studi Empiris pada Pemilik Rumah Kos di Padang)

Annisa Ul Hakim, Annisa Ul Hakim and Yeasy Darmayanti, Yeasy Darmayanti and Meihendri, Meihendri (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK HOTEL KATEGORI RUMAH KOS (Studi Empiris pada Pemilik Rumah Kos di Padang). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi Annisa Ul Hakim_1310011311056_Akuntansi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK HOTEL KATEGORI RUMAH KOS (Studi Empiris Pada Pemilik Rumah Kos Di Padang) Oleh Annisa Ul Hakim^1, Yeasy Darmayanti^2 & Meihendri^3 Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta Email: Annisaulhakim2465@yahoo.com Abstrak Kepatuhan wajib pajak di Kota Padang masih rendah, terutama wajib pajak yang mempunyai usaha rumah kos. Hal ini dapat dilihat dari jumlah wajib pajak rumah kos yang terdaftar di kantor Badan Pendapatan Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak hotel kategori rumah kos di Padang, dengan sampel 48 rumah kos yang terdaftar di kantor Badan Pendapatan Daerah. Setelah dilakukan pengolahan data, terdapat 1 data rumah kos outlier yang harus dikeluarkan dari sampel penelitian, sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah 47 rumah kos. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan uji R^2, uji F, dan uji t. Sebelum menggunakan analisis regresi berganda, dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Dari hasil uji hipotesis determinasi (R^2) kepatuhan wajib pajak dapat dijelaskan oleh semua variabel independen, secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa sosialisasi perpajakan, pemahaman wajib pajak, kesadaran wajib pajak, self assessment system dan kemauan membayar pajak berpengaruh bersama-sama terhadap variabel kepatuhan wajib pajak dan berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa self assessment system berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan sosialisasi perpajakan, pemahaman wajib pajak, kesadaran wajib pajak, dan kemauan membayar pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak hotel kategori rumah kos di Padang. Kata Kunci: Sosialisasi Perpajakan, Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Self Assessment System, Kemauan Membayar Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:06
Last Modified: 20 Nov 2023 07:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17591

Actions (login required)

View Item View Item