PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN FISKUS, SANKSI PAJAK, DAN TAX AMNESTY TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PREFERENSI RISIKO SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Satu)

M. Taufik Hidayat, M. Taufik Hidayat and Herawati, Herawati and Meihendri, Meihendri (2018) PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN FISKUS, SANKSI PAJAK, DAN TAX AMNESTY TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PREFERENSI RISIKO SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Satu). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
1410011311206_M. Taufik Hidayat_Akuntansi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN FISKUS, SANKSI PAJAK, DAN TAX AMNESTY TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PREFERENSI RISIKO SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Satu) M. Taufik Hidayat , Herawati1 , Meihendri2 1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hataa Email : mth220496@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemahaman peraturan perpajakan, kualitas pelayanan fiskus, sanksi pajak, dan tax amnesty terhadap kepatuhan wajib pajak dengan preferensi risiko sebagai variabel moderasi (studi empiris di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Satu). Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi dan wajib pajak badan yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Satu pada tahun 2016. Sampel dalam penelitian ini 90 wajib pajak orang pribadi dan 10 wajib pajak badan dengan menggunakan metode incidental sampling. Kuesioner yang di sebarkan sebanyak 100 kuesioner, namun yang dapat diolah sebanyak 88 kuesioner diantaranya 78 kuesioner wajib pajak orang pribadi dan 10 kuesioner wajib pajak badan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, dan Moderated Regression Analysis (MRA) melalui SPSS v.16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman peraturan perpajakan, kualitas pelayanan fiskus, dan tax amnesty berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, namun sanksi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan preferensi risiko tidak dapat memoderasi pengaruh antara pemahaman peraturan perpajakan, kualitas pelayanan fiskus, sanksi pajak, dan tax amnesty terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata Kunci : Kepatuhan Wajib Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak, Tax Amnesty, Preferensi Risiko

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:14
Last Modified: 21 Nov 2023 02:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17601

Actions (login required)

View Item View Item