PENGARUH KOMITE AUDIT, KONSERVATISME AKUNTANSI, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017)

Ichsan Marsal, Ichsan Marsal and Herawati, Herawati and Mukhlizul Hamdi, S.E, M.Si, Ak, CA, Mukhlizul (2018) PENGARUH KOMITE AUDIT, KONSERVATISME AKUNTANSI, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
ICHSAN MARSAL_1410011311130.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)

Abstract

PENGARUH KOMITE AUDIT, KONSERVATISME AKUNTANSI,PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK Ichsan Marsal, Herawati1 ,Mukhlizul2 Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta Email : 3xident@gmail.com ABSTRAK Perusahaan merupakan salah satu subjek pajak yang memberikan kontribusi terbesar dalam penerimaan pajak negara. Pajak bagi perusahaan adalah biaya yang dapat mengurangi laba perusahaan, sementara pajak bagi negara adalah pendapatan yang akan digunakan untuk mendanai tata kelola negara. Perbedaan kepentingan ini menyebabkan perusahaan untuk mengelola biaya pajak, baik secara legal maupun ilegal. Penghindaran pajak adalah salah satu cara bagi perusahaan untuk mengelola pengeluaran pajak mereka secara legal sehingga pajak yang dibayarkan akan lebih rendah. Penerimaan pajak di Indonesia belum dapat mencapai target. Hal ini ditunjukkan oleh penghindaran pajak yang dilakukan oleh perusahaan Sinarmas dengan menutupi identitas pemilik untuk menjaga kerahasiaan data atau melakukan penghindaran pajak. Faktor-faktor yang dapat mengindikasikan adanya kegiatan penghindaran pajak perusahaan harus diamati baik oleh investor maupun regulator untuk membuat penerimaan negara lebih optimal. Ada beberapa faktor yang masih belum memberikan hasil yang komprehensif dari beberapa penelitian: komite audit, konservatisme akuntansi, pertumbuhan penjualan dan kepemilikan asing. Jadi faktor-faktor ini akan diteliti lagi dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komite audit, konservatisme akuntansi, pertumbuhan penjualan dan kepemilikan asing terhadap penghindaran pajak. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 2013-2017. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian ini membuktikan bahwa komite audit dan konservatisme akuntansi tidak berpengaruh pada penghindaran pajak. Sedangkan pertumbuhan penjualan dan kepemilikan asing berdampak pada penghindaran pajak. Kata kunci : Penghindaran pajak, komite audit, konservatisme akuntansi,pertumbuhan penjualan, kepemilikan asing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:57
Last Modified: 21 Nov 2023 02:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17623

Actions (login required)

View Item View Item