PENGARUH DEBT CONTRACTS, POLITICAL COST DAN FIXED ASSET INTENSITY TERHADAP REVALUASI ASET TETAP (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufatur yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017)

Mhd Ikhlas, Mhd Ikhlas and Yeasy Darmayanti, Yeasy Darmayanti and Meihendri, Meihendri (2018) PENGARUH DEBT CONTRACTS, POLITICAL COST DAN FIXED ASSET INTENSITY TERHADAP REVALUASI ASET TETAP (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufatur yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
Mhd Ikhlas_1410011311149_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)

Abstract

PENGARUH DEBT CONTRACT, POLITICAL COST DAN FIXED ASSET INTENSITY TERHADAP REVALUASI ASET TETAP Mhd Ikhlas, Yeasy Darmayanti, Meihendri Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta Email : ikhlasmhd03@gmail.com ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh leverage, arus kas dari aktivitas operasi, ukuran perusahaan dan fixed asset intensity terhadap revaluasi aset tetap. Semenjak model revaluasi diperbolehkan pada tahun 2008, masih sedikit perusahaan di Indonesia yang menggunakan model revaluasi sebagai kebijakan untuk aset tetapnya. Padahal dengan model revaluasi aset ini dapat menggambarkan nilai wajar dari aset tetap mereka. Data pada penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang telah diterbitkan di website IDX (Indonesian Stock Exchange) periode 2013-2017. Proses pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang dipilih dengan pertimbangan tertentu. Penelitian ini menggunakan 68 sampel perusahaan. Dengan menggunakan regresi logistik, hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada pengaruh signifikan dari leverage, arus kas dari aktivitas operasi dan fixed asset intensity terhadap revaluasi aset tetap. Namun ukuran perusahaan menunjukkan pengaruh terhadap revaluasi aset tetap. Kata Kunci: Revaluasi aset tetap, leverage, arus kas dari aktivitas operasi, ukuran perusahaan, fixed asset intensity, regresi logistik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:02
Last Modified: 21 Nov 2023 03:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17625

Actions (login required)

View Item View Item