PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

Sindy Octaviani, Sindy Octaviani and Yunilma, Yunilma and Meihendri, Meihendri (2018) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
SINDY OCTAVIANI _1410011311172.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)

Abstract

PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016) Sindy Octaviani, Yunilma1 , Meihendri2 Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta E-mail : sindyoctaviani24@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan, karakteristik perusahaan dan karakteristik komite audit terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Pengungkapan Corporate Social Responsibility merupakan pengungkapan wajib yang diatur dalam UU No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 dan PSAK No.1 2015. Tahun 2017 hasil PROPER menunjukkan bahwa 130 perusahaan mendapatkan peringkat merah dan 5 diantaranya perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Struktur kepemilikan yang digunakan adalah kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan pemerintah dan kepemilikan asing. Karakteristik perusahaan yang digunakan adalah ukuran perusahaan dan umur perusahaan. Karakteristik komite audit terdiri dari ukuran komite audit, frekuensi rapat komite audit dan keahlian keuangan komite audit. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Total Sampel penelitian ini adalah 50 perusahaan manufaktur, teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan institusional, kepemilikan pemerintah, frekuensi rapat komite audit dan keahlian keuangan komite audit berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, sedangkan kepemilikan asing, umur perusahaan dan ukuran komite audit tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Kata kunci : Pengungkapan Corporate Social Responsibility, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan pemerintah, kepemilikan asing, ukuran perusahaan, umur perusahaan, ukuran komite audit, frekuensi rapat komite audit, keahlian keuangan komite audit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:08
Last Modified: 21 Nov 2023 03:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17628

Actions (login required)

View Item View Item