PENGARUH STRUKTUR CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Empiris pada Sektor Industri yang Terdaftar di BEI 2012-2016)

Alfitri Mardiyana, Alfitri Mardiyana and Yeasy Darmayanti, Yeasy Darmayanti and Meihendri, Meihendri (2018) PENGARUH STRUKTUR CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Empiris pada Sektor Industri yang Terdaftar di BEI 2012-2016). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
skripsi alfi fixs.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH STRUKTUR CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri yang Terdaftar di BEI 2012-2016) Alfitri Mardiyana1 , Yeasy Darmayanti1 , Meihendri1 1 Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi, Unversitas Bung Hatta Email: alfitrimardiyana@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur corporate governance yang mempengaruhi pengungkapan modal intelektual pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 sampai dengan 2016. Struktur corporate governance yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dewan komisaris, CEO dualitas, komite audit, frekuensi rapat komite audit, struktur kepemilikan yang merupakan variabel independen dalam penelitian ini. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 (lima) tahun, mulai dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2016. Sedangkan sampel yang memenuhi syarat adalah 39 perusahaan dari 188 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2016. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode statistik menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda, dengan pengujian hipotesis uji statistik f dan uji statistik t, dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dewan komisaris berpengaruh positif terhadap pengungkapan modal intelektual. CEO dualitas berpengaruh negatif terhadap pengungkapan modal intelektual. Komite audit tidak berpengaruh positif terhadap pengungkapan modal intelektual. Frekuensi rapat komite audit tidak berpengaruh positif terhadap pengungkapan modal intelektual. Struktur kepemilikan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan modal intelektual. kata kunci : struktur corporate governance, pengungkapan modal intelektual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:13
Last Modified: 21 Nov 2023 03:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17630

Actions (login required)

View Item View Item