PENGATURAN TENAGA KERJA ASING MENURUT KONVENSI ILO DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA (STUDI KASUS TENAGA KERJA ASING DI SOLOK SELATAN)

RODHIAN ROSYADI, RODHIAN ROSYADI (2018) PENGATURAN TENAGA KERJA ASING MENURUT KONVENSI ILO DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA (STUDI KASUS TENAGA KERJA ASING DI SOLOK SELATAN). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
draft LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGATURAN TENAGA KERJA ASING MENURUT KONVENSI ILO DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA ( STUDI KASUS TENAGA KERJA ASING DI SOLOK SELATAN) Rodian Rosyadi 1 2 , Jean Elvardi 1 , Deswita Rosra 1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta 2 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Andalas Email : rodhian27@gmail.com ABSTRAK Pada era di mana batas antar negara makin mudah dijelajahi, perpindahan manusia dari satu negara ke negara lain dengan berbagai tujuan makin sering terjadi. Banyak TKI yang pergi ke luar negeri untuk bekerja. Begitu pula sebaliknya, banyak TKA yang tinggal di Indonesia untuk berbisnis atau bekerja. Baik TKI maupun TKA tidak luput dari aturan yang ada di suatu negara. Untuk permasalahan ini ada aturan hukum Internasional yang mengatur tentang ketenagakerjaan yaitu Konvensi International Labour Organization (ILO). Rumusan masalah yaitu (1)Bagaimanakah pengaturan tenaga kerja asing menurut Konvensi ILO? (2) Bagaimanakah Implementasi tenaga kerja asing menurut Konvensi ILO di Indonesia?. Penelitian yang digunakan hukum sosiologis. Dengan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data wawancara dan studi dokumen yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Pengaturan TKA menurut Konvensi ILO mempunyai 2 konvensi dan 2 rekomendasi yang mana secara garis besar mengatur hal yang sama dengan Konvensi Internasional tentang perlindungan atas hak pekerja migran dan anggota keluarganya. Secara Nasional diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. (2) Implementasinya Indonesia telah meratifikasi Konvensi ILO sebanyak 8 Konvensi: 4 sebelum dan 4 setelah kemerdekaan. Terkait dengan kasus pelanggaran keimigrasian pihak imigasi melakukan mempercepat proses pendeportasian terhadap WNA di Indonesia. Kata Kunci: Pengaturan, ILO, Imigrasi, Ketenagakerjaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:30
Last Modified: 21 Nov 2023 03:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17638

Actions (login required)

View Item View Item