FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris Pada OPD Kabupaten Kerinci)

Fariza Alda, Fariza Alda and Meihendri, Meihendri and Resti YulistiaMuslim, Resti YulistiaMuslim (2018) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris Pada OPD Kabupaten Kerinci). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi FARIZA ALDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris Pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kerinci) Oleh Fariza Alda* , Meihendri, Resti YulistiaMuslim Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta *Email :Aldhafariza.af@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh kompetensi sumber daya manusia, penerapan standar akuntansi pemerintahan, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian internal pemerintahan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintahan daerah pada organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Kerinci. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 78 responden dari 26 OPD yang tersebar di wilayah Kabupaten Kerinci, sampel tersebut dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia, penerapan standar akuntansi pemerintahan, pemanfaatan teknologi informasi, tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, Sedangkan sistem pengendalian internal pemerintahan berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah pada OPD Kabupaten Kerinci. Kata Kunci : Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sistem Pengendalian Internal Pemerintahan dan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:51
Last Modified: 21 Nov 2023 03:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17644

Actions (login required)

View Item View Item