PENGARUH TEKANAN AKUNTABILITAS DAN PENGALAMAN AUDIT TERHADAP AUDIT JUDGEMENT PERFORMANCE DENGAN KOMPLEKSITAS TUGAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Di Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat)

Filzah Firmansyah, Filzah Firmansyah and Zaitul, Zaitul and Daniati Puttri, Daniati Puttri (2018) PENGARUH TEKANAN AKUNTABILITAS DAN PENGALAMAN AUDIT TERHADAP AUDIT JUDGEMENT PERFORMANCE DENGAN KOMPLEKSITAS TUGAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Di Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
skripsi filzah firmansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)

Abstract

Pengaruh Tekanan Akuntabilitas dan Pengalaman Audit Terhadap Audit Judegement Performance dengan Kompleksitas Tugas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Di Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat) Filzah Firmansyah, Zaitul, Daniati Puttri JurusanAkuntansi, FakultasEkonomi, Universitas Bung Hatta E-mail: filzahfirmansyah48@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah seorang auditor dalam pengambilan judgment dipengaruhi oleh tekanan akuntabilitas, pengalaman audit, dan kompleksitas tugas. Dalam penelitian ini terdapat empat hipotesis yang mana dua variabel independen yaitu tekanan akuntabilitas dan pengalaman audit diuji pengaruhnya terhadap variabel dependen yaitu audit judgment performance dengan dimoderasi oleh variabel kompleksitas tugas. Penelitian ini dilakukan dengan menyerahkan secara langsung kuesioner kepada responden yang termasuk dalam kriteria sampel penelitian yaitu 64 fungsional auditor pemerintah yang bekerja pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode partial least square (PLS) dengan menggunakan software smartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengalaman audit berpengaruh negatif dan tekanan akuntabilitas dan kompleksitas tugas signifikan terhadap judgment yang diambil oleh seorang auditor. Namun kompleksitas tugas hanya memperkuat terhadap audit judgment, tidak pada tekanan akuntabilitas dan pengalaman audit. Sehingga dua dari lima hipotesis pada penelitian ini diterima. Kata kunci : tekanan akuntabilitas, pengalaman audit, kompleksitas tugas, audit judgment performance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 21 Nov 2023 04:12
Last Modified: 21 Nov 2023 04:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17645

Actions (login required)

View Item View Item