PERANAN TIM DISASTER VICTIM IDENTIFICATION [DVI] DALAM MENGUNGKAP IDENTIFIKASI KORBAN GEMPA ( Studi Kasus di Polda Sumatera Barat )

DAVID EVANDO FIRGHIEN, DAVID EVANDO FIRGHIEN (2018) PERANAN TIM DISASTER VICTIM IDENTIFICATION [DVI] DALAM MENGUNGKAP IDENTIFIKASI KORBAN GEMPA ( Studi Kasus di Polda Sumatera Barat ). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
SKRIPSI CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PERANAN DISASTER VICTIM IDENTIFICATION [DVI] DALAM MENGIDENTIFIKASI KORBAN GEMPA David Evando Firghien1 , Uning Pratimaratri1 , Yetisma Saini1 , 1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta e-mail : davidevando1994@gmail.com ABSTRAK Tim Disaster Victim Identification memiliki tugas dan wewenang diatur dalam Pasal 8 Peraturan Kapolri No 12 Tahun 2011 tentang Kedokteran Kepolisian. Kasus gempa bumi di Sumatera Barat pada 30 September 2009. Tim DVI melakukan identifikasi terhadap para korban gempa. Rumusan Masalah 1. Bagaimanakah peranan Tim Disaster Victim Identification (DVI) dalam mengidentifikasi korban gempa di Sumatera Barat? 2. Apakah hambatan yang ditemui Tim Disaster Victim Identification (DVI) dalam melaksanakan identifikasi korban gempa di Sumatera Barat? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melakukan wawancara dan studi dokumen, data dianalisis secara kualitatif. Simpulan penelitian (1). Peranan Tim DVI mendatangi TKP, memfoto para korban, korban dimasukkan ke kantong jenazah agar dibawa ke rumah sakit, setelah itu dilakukan pengidentifikasian, setelah itu dilakukan pengawetan, dan diletakan diruang beku. Pada prinsipnya DVI terdiri atas 5 fase, yaitu the scene, postmortem, antemortem, reconciliation, dan debrifieng (2) Tim DVI menemukan kendala pada korban gempa bumi. Identifikasi memakan waktu yang cukup lama. Kesulitan dalam proses pengidentifikasian korban yang tertimpa bangunan yaitu terjadinya ke tidak seimbangan antara tenaga medis yang dimiliki aparat kepolisian dengan jumlah korban yang banyak untuk menyelesaikan proses identifikasi. Kurangnya personil yang melakukan pencarian terhadap korban gempa. Kata Kunci :Peranan, Disester Victim Identification, Korban, Gempa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:27
Last Modified: 22 Nov 2023 07:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17657

Actions (login required)

View Item View Item