PENYIDIKAN TINDAK PIDANA KORUPSI ATAS PELEPASAN HAK PADA PENGGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN IAIN IMAM BONJOL PADANG (Studi Kasus Pada Kejaksaan Tinggi Padang)

DICHI KHALIK, DICHI KHALIK (2018) PENYIDIKAN TINDAK PIDANA KORUPSI ATAS PELEPASAN HAK PADA PENGGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN IAIN IMAM BONJOL PADANG (Studi Kasus Pada Kejaksaan Tinggi Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
skripsi_DICHI KHALIK_1210012111308.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENYIDIKAN TINDAK PIDANA KORUPSI ATAS PELEPASAN HAK PADA PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN IAIN IMAM BONJOL PADANG (STUDI KASUS KEJAKSAAN TINGGI PADANG) Dichi khalik1 , Fitiriati2 , Syafril1 Program Studi Ilmu Hukum1 , Fakultas Hukum Universitas Ekasakti2 , Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta1 Email : dichikhalik@gmial.com ABSTRAK Penyidikan tindak pidana korupsi atas pelepasan hak pada pengadaan tanah untuk pembangunan. Undang-undang No 2 Tahun 2012 Pasal 3 Tentang Pengadaan Tanah Bagi Kepentingan Umum yang bertujuan untuk menyediakan tanah bagi pelaksanaan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa, negara dan masyarakat dengan menjamin kepentingan hukum orang yang berhak. dalam kasus pengadaan tanah pembagunan kampus IAIN. Permasalahan yang akan diangkat adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan penyidikan tindak pidana korupsi pelepasan hak pada pengadaan tanah untuk pembangunan IAIN Imam Bonjol Padang? (2) Faktor-faktor yang menjadi penghambat penyidikan tindak pidana korupsi pelepasan hak pada pengadaan tanah untuk pembangunan IAIN Imam Bonjol Padang? Metode yang digunakan adalah yuridis sisiologis, sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumen. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Simpulan (1) Penyidikan tindak pidana korupsi pada pembangunan kampus IAIN diawali dengan melakukan tahap penyelidikan, tahap penindakan (pemanggilan saksi, penangkapan, penahanan, pengeledahan dan penyitaan, tahapan pemeriksaan ( pemeriksaan saksi dan tersangka). (2) Faktofaktor pengahambatnya yaitu susah mencari dokumen alas hak yang asli, banyaknya saksi, jauhnya lokasi tanah. Kata Kunci: Penyidikan, Pidana, Korupsi, Pengadaan tanah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:37
Last Modified: 22 Nov 2023 07:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17664

Actions (login required)

View Item View Item