ANALISIS FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017)

Mery Yulita, Mery Yulita and Ethika, Ethika and Yeasy Darmayanti, Yeasy Darmayanti (2018) ANALISIS FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi Mery Yulita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017) Mery Yulita1 , Ethika1 , Yeasy Darmayanti2 Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta Email: littatha01@gmail.com ABSTRAK Suatu kegiatan bisnis yang dilakukan oleh suatu perusahaan tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai oleh pemilik perusahaan atau pemegang saham. Dengan adanya pasar modal, investor bisa memperluas jaringan bisnis mereka untuk memperoleh dividen atau keuntungan dengan menjual beli saham. Faktor penting yang harus diperhatikan oleh investor adalah harga saham dan sifat dari harga saham yang berfluktuatif atau bisa berubah-ubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Assets Turn Over (TATO), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur subsektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 38 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang dilihat dari laporan tahunan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji F dan t statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Current Ratio (CR), Total Asset Turnover (TATO), dan Earning Per Share (EPS) tidak berpengaruh terhadap harga saham sedangkan Debt to Equity Ratio (DER), Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) berpengaruh terhadap harga saham. Kata Kunci : Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Assets Turn Over (TATO), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) dan Harga Saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:50
Last Modified: 23 Nov 2023 01:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17673

Actions (login required)

View Item View Item