PENERAPAN PIDANA TERHADAP KELALAIAN YANG MENYEBABKAN MATINYA ORANG AKIBAT PAGAR YANG DIALIRI LISTRIK (STUDI PUTUSAN NOMOR: 103/Pid.B/2013/PN.SKG)

OSWALD BILMAR PASARIBU, OSWALD BILMAR PASARIBU (2018) PENERAPAN PIDANA TERHADAP KELALAIAN YANG MENYEBABKAN MATINYA ORANG AKIBAT PAGAR YANG DIALIRI LISTRIK (STUDI PUTUSAN NOMOR: 103/Pid.B/2013/PN.SKG). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
OSWALD. OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENERAPAN PIDANA TERHADAP KELALAIAN YANG MENYEBABKAN MATINYA ORANG AKIBAT PAGAR YANG DIALIRI LISTRIK (STUDI PUTUSAN NOMOR: 103/Pid.B/2013/PN.SKG) 1Oswald Bilmar Pasaribu, 1Uning Pratimaratri, 1Syafridatati Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta Email: oswald_bilmar@yahoo.com ABSTRAK Kelalaian yang menyebabkan matinya orang diatur dalam Pasal 359 KUHP. Salah satu yang terjadi adalahyang dilakukan oleh A di Sulawesi Selatan pada Tahun 2013 yang kerena kelalaiannya menyebabkan matinya orang lain akibat pagar listrik yang dipasangnya. Rumusan masalah yang digunakan penulis adalah (1) Bagaimanakah penerapan pidana terhadap kelalaian yang menyebabkan matinya orang akibat pagar yang dialiri listrik perkara Nomor: 103/Pid.B/2013/PN.SKG? (2) Bagaimanakah pertimbangan hakim dalam menerapakan pidana terhadap kelalaian yang menyebabkan matinya orang akibat pagar listrik perkara Nomor: 103/Pid.B/2013/PN.SKG?. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah dengan jenis penelitian normatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dengan studi dokumen. Setelah data diolah kemudian dianalisis dengan cara kualitatif. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan pidana yang dijatuhkan kepada A adalah 1 (satu) tahun pidana penjara dan (2) pertimbangan hakim pada A dalam kasus ini adalah dengan pertimbangan yuridis (terdakwa fakta-fakta yuridis di persidangan) dan non yuridis (kondisi sosiologis terdakwa). Kata Kunci: Penerapan, Pidana, Kelalaian, Listrik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:17
Last Modified: 23 Nov 2023 02:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17678

Actions (login required)

View Item View Item