PENGUKURAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK DIKANTOR POS KEC. PAMENANG MERANGIN JAMBI DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD

ALLEX’S, ALLEX’S and Ayu Bidiawati JR, S.T., M.Eng, Ayu Bidiawati JR, S.T., M.Eng and Yusrizal, Bakar (2018) PENGUKURAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK DIKANTOR POS KEC. PAMENANG MERANGIN JAMBI DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ALLEX’S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu kajian dengan pengukuran kinerja perusahaan berdasarkan metode Balanced Scorecard (BSC) di Kantor Pos Kec Pamenang Merangin Jambi yang menggunakan 4 perspektif pengukuran yaitu : keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan. Pengukuran kinerja yang dilakukan pihak managemen Kantor Pos saat ini hanya berorientasi pada perspektif keuangan saja tanpa mempertimbangkan hubungan dengan pelanggan dan perspektif non keuangan lainnya. Dalam penelitian ini dapat diidentifikasi beberapa indikator pengukuran hasil pada masing-masing perspektif yaitu perspektif keuangan dengan 5 indikator (peningkatan pendapatan, peningkatan profit, ROI, NPM dan biaya terhadap pendapatan), perspektif pelanggan dengan 1 indikator (kepuasan pelanggan), perspektif proses bisnis internal dengan 2 indikator (proses inovasi dan proses operasi), serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan 3 indikator (retensi karyawan, produktifitas pekerja dan kepuasan karyawan). Adapun rata-rata persentase pencapaian hasil yang didapat adalah: perspektif keuangan dengan persentase pencapaian hasil 89,56% yang berarti kinerja Kantor Pos pada perspektif keuangan baik, perspektif pelanggan persentase pencapaian hasil dengan rata-rata kepuasan 3,21 yang berarti kinerja perusahaan pada perspektif pelanggan cukup baik atau pelanggan cukup puas, perspektif bisnis internal dengan pencapaian hasil yaitu 6 inovasi (skor 5) yang berarti kinerja Kantor Pos pada bisnis internal adalah sangat baik, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan pencapaian hasil 86,11% yang berarti kinerja Kantor Pos pada Kantor Pos perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kantor Pos Kec Pamenang Merangin Jambi telah dapat mencapai target yang diinginkan oleh pihak managemen Kantor Pos. Kata Kunci: Pengukuran kinerja, Pelayanan publik, Kinerja Kantor Pos,Balanced Scorecard

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:21
Last Modified: 23 Nov 2023 03:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17695

Actions (login required)

View Item View Item