PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK AKHIR DENGAN PENDEKATAN P.D.C.A (PLAN-DO-CHECK-ACTION) DI PT TATA LOGAM LESTARI CABANG PADANG

FAUZI, PUTRA AS’ARI and Yesmizarti, Muchtiar and Eva, Suryani (2018) PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK AKHIR DENGAN PENDEKATAN P.D.C.A (PLAN-DO-CHECK-ACTION) DI PT TATA LOGAM LESTARI CABANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
FAUZI PUTRA AS’ARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT Tata Logam Lestari Cabang Padang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi genteng metal dan baja ringan, salah satu produk yang dihasilkan adalah rangka atap baja ringan, produk ini berguna sebagai penyusun konstruksi rangka atap rumah atau gedung. Suatu produk rangka atap baja ringan dikatakan berkualitas apabila produk tersebut sudah memenuhi spesifikasi standar dan sedikit mengalami terjadinya cacat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi cacat yang terjadi dan untuk mengetahui presentase serta penyebab cacat, lalu memberikan solusi perbaikan terhadap produk yang cacat dan menindak lanjuti masalah dari solusi tersebut. Berdasarkan hasil penelitian melalui perhitungan dan analisa diketahui jumlah cacat produk rangka atap baja ringan selama bulan April 2017 sampai Maret 2018 adalah 4174 batang. Ada 3 buah jenis cacat yaitu bengkok, robek, dan menggelinding, Cacat yang paling tinggi adalah jenis bengkok sebanyak 1957 batang. Terdapat dua bulan produksi yang berada di luar batas kendali atas yaitu pada bulan Mei dengan proporsi 0,0093 dan pada bulan Nobember dengan proporsi 0,0085 pada tahun 2017, hasil ini diolah menggunakan metode P-Chart. Penyebab terjadinya cacat yaitu kurangnya pengawasan terhadap mesin roll forming, kurangnya perawatan pada fork lift, kurangnya sirkulasi udara pada area kerja, operator kurang hati-hati dan teliti dalam bekerja, penumpukan produk terlalu tinngi, hasil penyebab cacat ini didapatkan dengan penggunaan metode Diagram Matrix. Usulan penanggulangan mengenai perbaikan penyebab terjadinya cacat yaitu operator lebih mengawasi mesin roll forming ketika beroperasi, adanya schedule maintainance sesuai SOP yang di tetapkan, memperbanyak ventilasi udara, mengadakan pendampingan intensif untuk operator, lebih memperhatikan kapasitas penumpukan produk, usulan perbaikan ini didapatkan dengan pendekatan 5W + 1H. Tindak lanjut masalah dari solusi perbaikan penyebab terjadinya cacat menggunakan SOP di bagian lantai produksi dengan penanggung jawab kepala produksi. Kata kunci: Rangka Atap Baja Ringan, Cacat Produk, P-Chart SOP (Standard Operational Procedur)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:57
Last Modified: 23 Nov 2023 03:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17697

Actions (login required)

View Item View Item