PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI, MOTIVASI DAN STRUKTUR DESENTRALISASI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

Erlin Kardina, Erlin Kardina (2018) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI, MOTIVASI DAN STRUKTUR DESENTRALISASI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI, MOTIVASI DAN STRUKTUR DESENTRALISASI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI Erlin Kardina Universitas Bung hatta Email: Erlindkardina@yahoo.com ABSTRAK Faktor – faktor yang dapat meningkatkan efek dari partisipasi anggaran pada peningkatan kinerja manajerial seperti meningkatkan komitmen organisasi, motivasi dalam manager dan kondisi pendelegasian wewenang semakin terdesentralisasi. Penelitian ini menganalisis pengaruh partisispasi anggaran terhadap kinerja manajerial dan pengaruh komitmen organisasi, motivasi dan struktur desentralisasi yang memoderasi hubungan partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerialPemerintahan Kabupaten Pasaman. Penelitian ini terdiri dari 29 Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dengan total sampel 134 orang. Untuk uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa 1) partisipasi anggaran tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial, 2) komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial, 3) motivasi tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial, 4) struktur desentralisasi berpengaruh terhadap kinerja manajerial, 5) komitmen organisasi tidak dapat memoderasi partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial, 6) motivasi tidak dapat memoderasi partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial, 7) struktur desentralisasi tidak dapat memoderasi partispasi anggaran terhadap kinerja manajerial. Kata Kunci : Partisipasi Anggaran, Komitmen Organisasi, Motivasi, Struktur Desentralisasi, Kinerja Manajerial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:20
Last Modified: 24 Nov 2023 01:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17699

Actions (login required)

View Item View Item