ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN BERBELANJA DI FOODMART BASKO GRAND MALL DI KOTA PADANG

LEONARDO, GUN MADA and Aidil, Ikhsan and Yulius, M.Nursyaifi (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN BERBELANJA DI FOODMART BASKO GRAND MALL DI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
LEONARDO GUN MADA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen Foodmart Basko Grand Mall. Informasi tentang kepuasan konsumen amat bermanfaat untuk menentukan strategi perusahaan dalam upaya meningkatkan kepuasan konsumen. Foodmart Basko Grand Mall dalam operasinya memang telah menerapkan unsur bauran pemasaran, akan tetapi sejauh mana unsur bauran pemasaran yang telah diterapkan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen belum diketahui. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kajian studi. Penelitian yang dilakukan diharapkan dapat menjawab tujuh hipotesis, yaitu : (1) produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, (2) harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, (3) tempat berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, (4) promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Foodmart Basko Grand Mall. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Foodmart Basko Grand Mall. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan Teknik Purposive Sampling, jumlah sampel sebanyak 100 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas (produk, harga, tempat, promosi, orang, fasilitas fisik dan proses) terhadap variabel terikatnya (kepuasan konsumen) baik secara parsial maupun simultan. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial variabel produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Foodmart Basko Grand Mall Kota Padang dengan thitung (3.841) > ttabel (1,982) dan signifikan (0,000) < (0,05). Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Foodmart Basko Grand Mall Kota Padang dengan thitung (2.087) > ttabel (1,982) dan signifikan (0,040) < (0,05). Tempat signifikan terhadap kepuasan konsumen Foodmart Basko Grand Mall Kota Padang dengan thitung (4.455) > ttabel (1,982) dan signifikan (0,000) < (0,05). Promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Foodmart Basko Grand Mall Kota Padang dengan thitung (4.916) > ttabel (1,982) dan signifikan (0,000) < (0,05). Hal ini memperlihatkan bahwa secara parsial semua variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Pada uji simultan, didapatkan bahwa nilai Fhitung (96.737) dengan nilai tingkat signifikan sebesar (0,000) < (0,005) artinya seluruh variable bauran pemasaran berpengaruh signifikan secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, fasilitas fisik dan proses secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kata kunci: menganalisis pengaruh bauran pemasaran, Informasi tentang kepuasan konsumen, produk, harga, tempat, dan promos

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:42
Last Modified: 23 Nov 2023 06:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17700

Actions (login required)

View Item View Item