PERANCANGAN PENENTUAN LUAS AREA UNTUK MEMINIMASI JARAK PERPINDAHAN MATERIAL PADA LANTAI PRODUKSI (UPTD PENGOLAHAN KULIT)

PADRI, ZULMA PUTRA and Dessi, Mufti and Ayu Bidiawati JR, S.T., M.Eng, Ayu Bidiawati JR, S.T., M.Eng (2018) PERANCANGAN PENENTUAN LUAS AREA UNTUK MEMINIMASI JARAK PERPINDAHAN MATERIAL PADA LANTAI PRODUKSI (UPTD PENGOLAHAN KULIT). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
PADRI ZULMA PUTRA.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tata letak dalam area lantai produksi memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup sebuah industri manufaktur. UPTD pengolahan kulit adalah perusahaan yang beralokasi di jalan RPHRT.IX Kelurahan silaing Bawah Padang Panjang. Perusahaan industri yang bergerak pada bidang pengolahan kulit mentah(sapi) ini belum memiliki perencanaan tata letak dan aliran material yang baik sehingga keadaan tersebut tidak mampu memberikan hasil kerja yang lebih optimal. Ditinjau dari tipe aliran produksi yang dimiliki saat ini UPTD pengolahan yaitu aliran produksi job shop, dimana bahan baku diproses berdasarkan fungsi dari mesin. Pada layout sebelumnya terdapat indikasi adanya jarak perpindahan material yang besar dan cycle time yang lama. Sehingga perlu dilakukan evaluasi dan perancangan layout baru. Penelitian ini melakukan evaluasi dan merancang alternatif layout baru dengan menggunakan prosedur Systematic Layout Planning (SLP). Dari hasil penelitian didapatkan Kebutuhan luas yang tersedia adalah 1920 m2, sedangkan luas yang dibutuhkan untuk area produksi adalah 595,5 m2. Dari perhitungan luas lantai yang terencana dapat menghemat penggunan area sebesar 68%. Dengan melakukan perancangan tata letak dapat meminimasi jarak perpindahan material dari 466 m perpindahan menjadi 141 m, perancangan tata letak dapat merubah jarak perpindahan material sebesar 69%. Kata Kunci: Layout, luas lantai produksi, Perencanaan Tata Letak Sistematis (SLP)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:18
Last Modified: 23 Nov 2023 07:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17704

Actions (login required)

View Item View Item