“Penilaian Postur Kerja Aktivitas Bongkar Material Pada Stasiun Penggilingan Untuk Mengurangi Potensi Resiko MSDs” (Studi Kasus Pada Pabrik Tahu Super In)

INTAN, RAHMADAYU and Eva, Suryani and Yusrizal, Bakar (2017) “Penilaian Postur Kerja Aktivitas Bongkar Material Pada Stasiun Penggilingan Untuk Mengurangi Potensi Resiko MSDs” (Studi Kasus Pada Pabrik Tahu Super In). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
INTAN RAHMADAYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pabrik Tahu Super In merupakan pabrik tahu yang mempunai kapasitas produksi dalam satu hari 2500 kg. Ada beberapa stasiun yang harus dilalui dalam proses produksi yaitu, stasiun perendeman, stasiun penggilingan, stasiun pengepresan, stasiun pengadukan, stasiun perebusan, pencetakan, stasiun pemotongan dan stasiun packaging. Khususnya pada stasiun penggilingan seorang operator mengerjakan 3 aktivitas berupa pengisian kedelei kedalam hopper, pergantian wadah dan pemberian wadah dengan melakukan pengangkatan beban sebesar 7kg dan kapasitas sebesar 2500 kg/hari operator melakukan pengangkatan 358 kali pekerjaan tersebut berpotensi menimbulkan resiko gangguan cedera otot pada pekerja. Untuk memperbaiki postur pada saat bekerja maka diperlukan perbaiki fasilitas dengan menggunakan konsep antropometri. Maka penelitian ini bertujuan mengidentifikasi keluhan pekerja dengan menyebarkan kuesioner pada 20 orang responden yang hasilnya didapatkan 30% teridentifikasi cedera otot MSDs yang tinggi dan 55% cedera otot MSDs yang sedang, melakukan penilaian postur kerja dengan menganalisa postur kerja menggunakan metoda RULA dan didapatkan total skor 9 yang mana segera dilakukan perbaikan postur kerja secepatnya, dan mengusulkan perbaikan postur kerja menggunakan data antropometri yang terkait dengan aktivitas yang dilakukan operator stasiun penggilingan, perbaikan postur kerja yang didapat meningkat hingga ke tingkat resiko ringan. Hasil dari penelitian ini menyarankan agar dilakukannya perbaikan postur kerja segera untuk mengurangi terjadinya cedera otot MSDs (muskuloskeletal disorders). Kata Kunci: Antropometri, Musculoskeletal Disorders, RULA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:16
Last Modified: 29 Nov 2023 04:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17741

Actions (login required)

View Item View Item