EFEKTIVITAS PELAKSANAAN DIVERSI YANG DILAKUKAN PENYIDIK KEPOLISIAN TERHADAP PERKARA ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA (Studi Perkara Polresta Kota Padang)

DANU ASRA KUMARA, DANU ASRA KUMARA (2018) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN DIVERSI YANG DILAKUKAN PENYIDIK KEPOLISIAN TERHADAP PERKARA ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA (Studi Perkara Polresta Kota Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Danu Asra Kumara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)

Abstract

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN DIVERSI YANG DILAKUKAN PENYIDIK KEPOLISIAN TERHADAP PERKARA ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA (Studi Perkara Polresta Kota Padang) Danu Asra Kumara1 , Uning Pratimaratri1 , Syafridatati1 2 Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta Email : mugiwaradanu@gmail.com ABSTRAK Pelaksanaan diversi diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dimana diversi wajib dilakukan disetiap proses peradilan pidana termasuk juga oleh kepolisian selaku penyidik. Sama seperti kota besar lainnya, di Padang dari tahun ke tahun tindak pidana tetap terus terjadi termasuk tindak pidana yang dilakukan oleh anak. Rumusan masalah: (1) Bagaimanakah pelaksanaan diversi yang dilakukan penyidik kepolisian terhadap perkara anak sebagai pelaku tindak pidana di Polresta kota Padang? (2) Bagaimanakah efektivitas diversi yang dilakukan penyidik kepolisian terhadap perkara anak sebagai pelaku tindak pidana di Polresta kota Padang? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian: 1. Pelaksanaan diversi terhadap perkara anak sebagai pelaku tindak pidana, penyidik melakukan musyawarah dengan menghadirkan korban dan keluarganya, pelaku dan keluarganya, dan pihak ketiga (Pekerja sosial dan Balai Pemasyarakatan) dengan tiga bentuk musyawarah, yaitu: Musyawarah Polisi, Musyawarah Keluarga dan, Musyawarah Masyarakat. 2. Efektivitas diversi yang dilakukan penyidik kepolisian resor Kota Padang sudah dapat dikatakan efektif dikarenakan sudah terpenuhinya tujuan diversi sesuai dalam Pasal 6 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dengan persentase keberhasilannya sudah mencapai 64.5% Kata Kunci: Efektivitas, Diversi, Penyidik, Anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:34
Last Modified: 30 Nov 2023 02:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17743

Actions (login required)

View Item View Item