PERAN PENYIDIK PEGAWAI NEGERI SIPIL (PPNS) BALAI BESAR PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN (BBPOM) DALAM MEMBERANTAS PEREDARAN PANGAN ILEGAL ( STUDI KASUS BBPOM PADANG )

FEBRIAN AKHIRAMA SAPUTRA, FEBRIAN AKHIRAMA SAPUTRA (2018) PERAN PENYIDIK PEGAWAI NEGERI SIPIL (PPNS) BALAI BESAR PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN (BBPOM) DALAM MEMBERANTAS PEREDARAN PANGAN ILEGAL ( STUDI KASUS BBPOM PADANG ). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

“PERAN PENYIDIK PEGAWAI NEGERI SIPIL (PPNS) BALAI BESAR PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN (BBPOM) DALAM MEMBERANTAS PEREDARAN PANGAN ILEGAL ( STUDI BBPOM PADANG )” Febrian Akhirama Saputra1 , Yetisma Saini1 , Syafridatati1 1 Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta E-mail: Febrianakhirama19@gmail.com ABSTRAK Pangan ilegal adalah produk yang tidak terdaftar dan tidak memiliki izin edar, pangan ilegal dikategorikan sebagai salah satu tindak pidana penting. Hal ini dinyatakan dalam Surat Edaran Jaksa Agung RI-003/A/JA/09/2007 tentang Perkara Penting Tindak Pidana Umum Lainnya. Seperti kasus yang terjadi di Kota Payakumbuh pada tahun 2013 yang dilakukan oleh W, yaitu pelaku usaha yang menjual pangan olahan yang tidak memiliki izin edar seperti susu, roti dan makanan ringan lain dan pada tahun 2014 di Kabupaten Agam, tahun 2015 di Kota Padang terulang kembali kasus yang sama yaitu pelaku usaha pangan yang dengan sengaja tidak memiliki izin edar terhadap setiap pangan olahan. Permasalahannya yaitu, 1) Bagaimanakah peranan PPNS BBPOM Padang dalam memberantas peredaran pangan illegal? 2) Apakah kendala yang ditemui PPNS BBPOM Padang dalam memberantas peredaran pangan ilegal? Jenis pendekatan yang digunakan adalah penelitian yuridis sosiologis. Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian 1) Peranan dari PPNS BBPOM Padang dalam memberantas pangan illegal dengan melakukan inspeksi terhadap sarana produksi dan distribusi pangan 2) Kendala yang ditemukan PPNS BPOM Padang dalam memberantas pangan illegal yaitu jumlah PPNS BBPOM Padang sedikit dan tidak sebanding dengan luasnya wilayah kewenangan BBPOM Padang. Kata Kunci : Peranan, PPNS BBPOM, Pangan ilegal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:37
Last Modified: 30 Nov 2023 02:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17745

Actions (login required)

View Item View Item