PERANAN KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI PENANGKAPAN IKAN MENGGUNAKAN ZAT BERBAHAYA OLEH NELAYAN DI DANAU SINGKARAK (STUDI KASUS POLSEK BATIPUH SELATAN)

FIKRAN JAMAL, FIKRAN JAMAL (2018) PERANAN KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI PENANGKAPAN IKAN MENGGUNAKAN ZAT BERBAHAYA OLEH NELAYAN DI DANAU SINGKARAK (STUDI KASUS POLSEK BATIPUH SELATAN). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERANAN KEPOLISIAN DALAM MENAGGULANGI PENANGKAPAN IKAN MENGGUNAKAN ZAT BERBAHAYA OLEH NELAYAN DI DANAU SINGKARAK Fikran Jamal 1, , Uning Pratimaratri,1Yetisma Saini1 1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta Email :fikranjamal@gmail.com ABSTRAK Pasal 8 ayat (1) Undang-undang Nomor 45 tahun 2009 tentang Perikanan berbunyi”Setiap orang dilarang melakukan penangkapan dan/atau pembudidayaan ikan dengan menggunakan bahan kimia, bahan biologis, bahan peledak alatdan/atau bangunan yang dapat merugikan dan/atau membahayakan kelestarian sumber daya ikan dan /atau lingkungannya di wilayah pengelolaan perikanan Republik Indonesia, masih ada nelayan di danau Singkarak menggunakan zat berbahaya. Rumusan masalah:(1) Bagaimanakah peran Kepolisian Sektor Batipuh Selatan untuk penanggulangan tindak pidana penggunaan zat berbahaya dalam menangkap ikan di Danau Singkarak?, (2)Apakah kendala-kendala yang dihadapi oleh Kepolisian Sektor Batipuh Selatan untuk penanggulangan tindak pidana penggunaan zat berbahaya dalam penangkapan ikan di danau Singkarak?, Penelitian ini yuridis sosiologis. sumber data yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara secara terstruktur. Simpulan penelitian (1)Peran Kepolisian Sektor Batipuh Selatan dalam menanggulangi penangkapan ikan menggunakan zat berbahaya di danau Singkarak: a. melakukan upaya preventif, dengan melakukan patroli. dan pemberdayaan Babinkamtibmas b. preemtif dengan melakukan sosialisasi. oleh dinas perikanan.c.represif dengan melakukan penindakan terhadap pelaku pengguna zat berbahaya (2) Kendalakendala yang dihadapi Kepolisian Sektor Batipuh Selatan untuk penanggulangan tindak pidana penggunaan zat berbahaya di danau Singkarak:a. Kepolisian Sektor Batipuh Selatan sekarang 15 orang, untuk memaksimalkan kinerja Kepolisian dibutuhkan penambahan 10 orang personil, b. rendahnya pendidikan nelayan di danau Singkarak Katakunci: Peranan kepolisian, Penangkapan ikan, Zat berbahaya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:38
Last Modified: 30 Nov 2023 02:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17746

Actions (login required)

View Item View Item