PERANAN PENYIDIK PEGAWAI NEGERI SIPIL KEIMIGRASIAN DALAM MELAKUKAN PENCEGAHAN DAN PENANGKALAN BAGI TERSANGKA TINDAK PIDANA YANG AKAN PERGI KE LUAR NEGERI ( Studi pada Kantor Imigrasi Padang )

JULI HARISMAN, JULI HARISMAN (2018) PERANAN PENYIDIK PEGAWAI NEGERI SIPIL KEIMIGRASIAN DALAM MELAKUKAN PENCEGAHAN DAN PENANGKALAN BAGI TERSANGKA TINDAK PIDANA YANG AKAN PERGI KE LUAR NEGERI ( Studi pada Kantor Imigrasi Padang ). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
skripsi lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERANAN PENYIDIK PEGAWAI NEGERI SIPIL KEIMIGRASIAN DALAM MELAKUKAN PENCEGAHAN DAN PENANGKALAN BAGI TERSANGKA TINDAK PIDANA YANG AKAN PERGI KELUAR NEGERI Juli Harisman1 , Uning Pratimaratri1 , Yetisma Saini1 1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta Email: jharisman29@gmail.com ABSTRAK Penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) Keimigrasian adalah penyidik yang diberi wewenang sebagai penyidik tindak pidana keimigrasian yang dilaksanakan sesuai ketentuan undang-undang diatur dalam Pasal 105 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Pencekalan diatur dalam Pasal 91 sampai Pasal 103 Undang-undang nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, Pencekalan pernah dilakukan PPNS Imigrasi Padang terhadap tersangka tindak pidana korupsi berinisial AL. Rumusan masalah: 1). Bagaimanakah peran Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Imigrasi Padang dalam melakukan pencegahan dan penyangkalan bagi tersangka tindak pidana yang akan pergi ke luar negeri? 2). Apakah kendala-kendala yang ditemukan penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) Imigrasi Padang dalam melakukan pencegahan dan penangkalan bagi tersangka tindak pidana yang akan pergi ke luar negeri? Jenis penelitian adalah yuridis sosiologis. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian. 1). Pelaksanaan pencegahan dan penangkalan oleh PPNS terhadap tersangka tindak pidana yang akan pergi keluar negeri berdasarkan pada permintaan oleh pejabat yang berwenang. 2). Kendala yang di alami penyidik pegawai negeri sipil dalam melakukan pencegahan dan penangkalan adalah kurangnya jumlah personel PPNS. Kata kunci : Peranan, PPNS, Keimigrasian,Pencekalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:42
Last Modified: 30 Nov 2023 02:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17749

Actions (login required)

View Item View Item