PENERAPAN PIDANA TERHADAP NAKHODA KAPAL YANG MENJALANKAN KAPAL YANG TIDAK MEMENUHI SYARAT LAYAK LAYAR (Studi Perkara Nomor: 341/Pid.Sus/2015/PN.PDG)

RAHMAT IHSAN, RAHMAT IHSAN (2018) PENERAPAN PIDANA TERHADAP NAKHODA KAPAL YANG MENJALANKAN KAPAL YANG TIDAK MEMENUHI SYARAT LAYAK LAYAR (Studi Perkara Nomor: 341/Pid.Sus/2015/PN.PDG). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
CD SKRPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENERAPAN PIDANA TERHADAP NAKHODA KAPAL YANG MENJALANKAN KAPAL YANG TIDAK MEMENUHI SYARAT LAYAK LAYAR (Studi Perkara Nomor: 341/Pid.Sus/2015/PN.PDG) Rahmat Ihsan1 , Yetisma Saini1 , Yansalzisatry1 Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas BungHatta Email : rahmatihsan117@gmail.com ABSTRAK Penerapan pidana terhadap nakhoda yang menjalankan kapal yang tidak memenuhi syarat layak layar diatur dalamPasal 302 ayat (1) Undang-undang Pelayaran yang menyatakan "Nakhoda yang melayarkan kapalnya sedangkan yang bersangkutan mengetahui bahwa kapal tersebut tidak laik laut sebagaimana dimaksud dalam Pasal 117 ayat (2). Sebagai pada perkara dengan Nomor Perkara 341/Pid.Sus/2015/PN.PDG dengan terdakwa Rafael alias Kerong yang penulis ambil dari direktori Pengadilan Negeri Padang Hakim menjatuhi putusan pidana penjara 1 tahun4 bulan.Rumusan masalah adalah 1. Bagaimanakah penerapan pidana pada perkara Nomor 341/Pid.Sus/2015/PN.PDG? 2. Bagaimanakah pertimbangan hakim pada perkara Nomor 341/Pid.Sus/2015/PN.PDGJenis penelitian menggunakan pendekatan yuridis normatif, sumber data berupa data sekunder terdiri atas bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, bahan hukum tersier, teknik pengumpulan data melalui studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian : 1. Penerapan pidana dapat ditemukan bahwa terdakwa Rafael alias Kerongterbukti melakukan tindak pidana nakhoda yang melayarkankapal tidak layak layar, karena memenuhi unsur-unsur tindakpidana. 2. Pertimbangan hakim dalam perkara ini, berdasarkan analisa penulis, hakim dalam menjatuhkan putusan, pertimbangannyayaitupertimbangan yuridis dan non yuridis. Kata Kunci:Penerapan, Pidana, Nakhoda, Memenuhi Syarat Layak Layar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:48
Last Modified: 30 Nov 2023 02:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17753

Actions (login required)

View Item View Item