ANALISIS RISIKO MUSCULOSKELETAL DISORDERS PADA PEKERJA PEMBUATAN KUE CANGKING DENGAN METODA WERA (WORKPLACE ERGONOMIC RISK ASSESSMENT) DAN JSI (JOB STRAIN INDEX)

TRI, MARTA PUTRI and Dessi, Mufti and Eva, Suryani (2017) ANALISIS RISIKO MUSCULOSKELETAL DISORDERS PADA PEKERJA PEMBUATAN KUE CANGKING DENGAN METODA WERA (WORKPLACE ERGONOMIC RISK ASSESSMENT) DAN JSI (JOB STRAIN INDEX). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
TRI MARTA PUTRi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembuatan kue cangking memerlukan tenaga manusia yang mana pekerjanya bekerja dalam posisi duduk dengan gerakan kerja berulang-ulang (repetitive). Selain itu alat cetakan kue dan fasilitas yang digunakan mengakibatkan pekerja menjadi cepat lelah, karena tenaga yang dikeluarkan menimbulkan keluhan terhadap otot. Untuk mengetahui seberapa besar keluhan pada bagian tubuh pekerja maka dilakukan wawancara terhadap pekerja. Berdasarkan hasil kuesioner NBM (Nordic Body Map) terdapat keluhan yang sering terjadi pada pekerja pembuatan kue cangking p bagian pundak, leher, pergelangan tangan, punggung dan kaki pekerja, hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang disebut dengan musculoskeletal disorders. Berdasarkan hasil pengamatan dengan metoda WERA (Workplace Ergonomic Risk Assesment), didapat final score masing-masing pekerja sebesar 29-30 berada pada level medium. Berdasarkan pengamatan menggunakan metoda JSI (Job Strain Index) skor setiap pekerja > 7, dimana diperlukan perbaikan sekarang juga. Setelah dilakukan desain pada alat cetakan dan fasilitas kerja, final score menjadi 23 berada pada level minimum yang artinya sudah baik digunakan oleh pekerja. Kata Kunci: MSDs (Musculoskeletal Disorders), NBM (Nordic Body Map), WERA, JSI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:10
Last Modified: 30 Nov 2023 03:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17758

Actions (login required)

View Item View Item