PERTIMBANGAN JAKSA PENUNTUT UMUM DALAM MEMBUAT TUNTUTAN PIDANA PERCOBAAN TERHADAP TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN (STUDI DI KEJAKSAAN NEGERI PADANG)

ANDRE AVILA, ANDRE AVILA (2018) PERTIMBANGAN JAKSA PENUNTUT UMUM DALAM MEMBUAT TUNTUTAN PIDANA PERCOBAAN TERHADAP TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN (STUDI DI KEJAKSAAN NEGERI PADANG). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
SKRIPSI ANDRE AVILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)

Abstract

PERTIMBANGAN JAKSA PENUNTUT UMUM DALAM MEMBUAT TUNTUTAN PIDANA PERCOBAAN TERHADAP TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN Andre Avila1 , Uning Pratimaratri1 , Syafridatati1 . 1 Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung hatta E-mail: mastermister.ucekmanaf@yahoo.com ABSTRAK Pidana percobaan merupakan salah satu bentuk tuntutan yang bisa diajukan oleh jaksa penuntut umum terhadap terdakwa. Pidana percobaan boleh diajukan apabila putusan hakim terhadap suatu tindak pidana tidak lebih dari satu tahun. Dalam kasus penganiayaan atas pasal yang sama terdapat amar putusan yang berbeda yaitu berupa pidana sesuai pasal yang dilanggar oleh terdakwa dan ada pula amar putusan berupa pidana percobaan. Perbedaan dari tuntutan ini tentu memiliki dasar pertimbangan yang berbeda pula dari Jaksa Penuntut Umum. Rumusan masalah yaitu untuk mengetahui pertimbangan jaksa penuntut umum dalam menuntut pelaku tindak pidana penganiayaan dengan hukuman percobaan di Kejaksaan Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan data sekunder diperoleh melalui studi dokumen. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertimbangan jaksa penuntut umum dalam menuntut pidana percobaan terhadap terdakwa adalah berdasarkan pertimbangan secara yuridis berdasarkan keterangan saksi, keterangan terdakwa, alat bukti, dan secara non-yuridis berdasarkan hal yang meringankan, alasan pemaaf dan faktor sosial terdakwa. Kata kunci : Jaksa Penuntut Umum, Pidana Percobaan, Penganiayaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:02
Last Modified: 01 Dec 2023 02:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17764

Actions (login required)

View Item View Item