PERANAN KEPOLISIAN RESOR PADANG PARIAMAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PELANGGARAN OLEH PENGEMUDI KENDARAAN ANGKUTAN UMUM YANG TIDAK LAIK JALAN (Studi Kasus : Polres Padang Pariaman)

CANDRA AHMAD, CANDRA AHMAD (2018) PERANAN KEPOLISIAN RESOR PADANG PARIAMAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PELANGGARAN OLEH PENGEMUDI KENDARAAN ANGKUTAN UMUM YANG TIDAK LAIK JALAN (Studi Kasus : Polres Padang Pariaman). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peranan Kepolisian Resor Padang Pariaman dalam Penanggulangan Tindak Pelanggaran Oleh Pengemudi Kendaraan Angkutan Umum yang Tidak Laik Jalan Candra Ahmad1 , Fitriati2 , Yetisma Saini 1 , 1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta. 2 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Eka Sakti. Email : ndrachandra192yahoo.com ABSTRAK Tindak pelanggaran oleh pengemudi angkutan umum yang tidak laik jalan diatur dalam Pasal 285 ayat (2) Undang-undang Nomor. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Polres Kabupaten Padang Pariaman telah menindak pelaku yang mengendarai kendaraan Angkutan Umum yang tidak laik jalan seperti tidak memakai plat nomor dan tidak berfungsinya lampu sen, yang mengakibatkan kecelakaan. 1) Bagaimanakah peranan kepolisian Polres Padang Pariaman dalam penanggulangan tindak pelanggaran oleh pengemudi kendaraan angkutan umum yang tidak laik jalan, 2) Apakah kendala kepolisian Polres Padang Pariaman dalam penanggulangan tindak pelanggaran oleh pengemudi angkutan umum yang tidak laik jalan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian yuridis sosiologis. Sumber data yang diguanakan ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan studi dokumen, Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian adalah: 1) Peranan kepolisian dalam penanggulangan tindak pelanggaran lalu lintas oleh pengemudi angkutan umum yang tidak laik jalan, ada dua cara penanggulangan yaitu: secara preventif dan secara represif 2) Kendala-kendala kepolisian dalam penanggulangan tindak pelanggaran pengemudi angkutan umum yang tidak laik jalan, kurangnya sarana prasana satlantas, kurangnya kesadaran hukum bagi pengendara angkutan umum dan Kurangnya kerja sama antara polisi lalu lintas dengan instasi yang berkaitan dengan lalu lintas Kata Kunci: Peranan, Polisi, Pelanggaran, Lalu Lintas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:05
Last Modified: 01 Dec 2023 02:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17766

Actions (login required)

View Item View Item