PERANAN BADAN PEMERIKSA KEUANGAN DALAM MENETAPKAN KERUGIAN KEUANGAN NEGARA GUNA UNTUK PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA KORUPSI (STUDI KASUS KANTOR BADAN PEMERIKSA KEUANGAN PERWAKILAN SUMATRA BARAT)

FADIL RIDHAFIZT, FADIL RIDHAFIZT (2018) PERANAN BADAN PEMERIKSA KEUANGAN DALAM MENETAPKAN KERUGIAN KEUANGAN NEGARA GUNA UNTUK PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA KORUPSI (STUDI KASUS KANTOR BADAN PEMERIKSA KEUANGAN PERWAKILAN SUMATRA BARAT). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
skripsi lengkap...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERANAN BADAN PEMERIKSA KEUANGAN DALAM MENETAPKAN KERUGIAN KEUANGAN NEGARA GUNA UNTUK PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA KORUPSI (Studi Kasus Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Sumatera Barat) FadilRidhafizt1 , Uning Pratimaratri1 , Syafridatati1 Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta Email: fridhafizt@gmail.com ABSTRAK Sebagaimana diatur dalam Pasal 10 Undang Undang no. 15 Tahun 2006 yang menyatakan BPK menilai dan/atau menetapkan kerugian negara yang diakibatkan oleh perbuatan melawan hukum baik sengaja maupun lalai yang dilakukan oleh bendahara, pengelola Badan Usaha Milik Negara / Badan Usaha Milik Daerah dan lembaga atau badan lain yang menyelenggarakan pengelolaan keuangan negara. Untuk itu, lembaga yang berwenang menilai / menetapkan adanya kerugian negara adalah Badan Pemeriksa Keuangan, sesuai dengan domain authority yang dimilikinya berdasarkan Atribusi adalah Badan Pemeriksa Keuangan. Permasalahan dalam skripsi adalah (1) Bagaimana pelaksanaan Badan Pemeriksa Keuangan dalam menetapkan kerugian keuangan negara dalam tindak pidana korupsi (2) Apa kendala yang dihadapi Badan Pemeriksa Keuangan dalam menetapkan kerugian keuangan negara guna untuk pembuktian Tindak Pidana Korupsi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan studi dokumen. Hasil analisis (1) pelaksanaan Badan Pemeriksa Keuangan dalam menentukan kerugian negara adalah dengan melakukan pemeriksaan investigatif (2) Kendala Badan Pemeriksa Keuangan dalam menetapkan kerugian keuangan yaitu lembaga BPK hanya berada dalam wilayah provinsi, jumlah auditor yang terbatas dan pemeriksaan tidak independen. Kata Kunci: Peranan, BPK, Kerugian, Korupsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 07 Dec 2023 02:29
Last Modified: 07 Dec 2023 02:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17783

Actions (login required)

View Item View Item