Peralatan Produksi Kalsium Karbonat Terprespitasi Tipe Aragonit dari Kalsium Oksida, Ammonium Klorida, dan Karbon Dioksida dengan Plug Flow Bubble Reactor (PFBR)

PT. Prtamina, Universitas Andalas dan Universitas Bung Hatta (2023) Peralatan Produksi Kalsium Karbonat Terprespitasi Tipe Aragonit dari Kalsium Oksida, Ammonium Klorida, dan Karbon Dioksida dengan Plug Flow Bubble Reactor (PFBR). IDS000006397.

[img] Text
Paten 2020 - Granted 2023 - sertifikat IDS000006397.pdf

Download (3MB)

Abstract

Plug Flow Bubble Reactor (PFBR) merupakan alat yang digunakan untuk memproduksi kalsium karbonat terpresipitasi dari larutan campuran kalsium klorida dan ammonium hidroksida. Pada PFBR ammonium hidroksida akan bereaksi dengan gas karbon dioksida yang dikontakkan secara counter current, sehingga membentuk ammonium karbonat. Selanjutnya ammonium karbonat akan bereaksi dengan kalsium klorida untuk membentuk kalsium karbonat terpresipitasi. Kelebihan dari PFBR ini adalah memiliki 2 unit tabung PFBR yang dilengkapi dengan nozel/spray dan tray dan serta tangki penampung yang berfungsi sekaligus sebagai tangki sirkulasi agar dapat membentuk kalsium karbonat terpresipitasi berjenis kristal aragonit dengan konversi tinggi dan dalam suhu ruang dan tekanan atmosferik.

Item Type: Patent
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Kimia
Depositing User: ellyta sari
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:37
Last Modified: 27 Dec 2023 01:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17808

Actions (login required)

View Item View Item