PERSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP SISKAP GURU DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SIBERUT TENGAH

KAMILUS, OTTOI and Erman, Har and Rona, Taula Sari (2020) PERSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP SISKAP GURU DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SIBERUT TENGAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
5 KAMILUS OTTOI (1610013221006) ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
5 KAMILUS OTTOI (1610013221006) BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
5 KAMILUS OTTOI (1610013221006) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
5 KAMILUS OTTOI (1610013221006) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
5 KAMILUS OTTOI (1610013221006) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
5 KAMILUS OTTOI (1610013221006) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
5 KAMILUS OTTOI (1610013221006) COVER.pdf

Download (201kB)
[img] Text
5 KAMILUS OTTOI (1610013221006) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria dan perbedaan persepsi siswa berdasarkan jenis kelamin dalam pembelajaran IPA terhadap sikap guru di kelas VIII SMPN 2 Siberut Tengah. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan sampel 93 siswa kelas VIII SMPN 2 Siberut Tengah tahun ajaran 2020/2021. Variabel penelitian ini adalah persepsi siswa dalam pembelajaran IPA terhadap sikap guru. Jenis data penelitian ini adalah data primer yang didapat dengan menggunakan angket. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 20.0 dengan analisis deskriptif (mean) dan uiji Independen Sample T-tes. Hasil penelitian ini terlihat bahwa kriteria persepsi siswa dalam pembelajaran IPA terhadap sikap guru di kelas VIII SMPN 2 Siberut Tengah secara keseluruhan yaitu 4,13 dengan interpretasi tinggi dan tidak ada perbedaan persepsi siswa antara laki-laki dan perempuan dengan perhitungan koefisien uji t-tes, yaitu dengan taraf signifikan 0,997 > 0,05 dan t hitung lebih kecil dari t tabel (0,004 < 1,990) dengan ketentuan tidak signifikan. Dan dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa dalam pembelajaran IPA terhadap sikap guru di kelas VIII SMP Negeri 2 Siberut Tengah termasuk dalam kategori baik dan terdapat perbedaan yang tidak signifikan, artinya tidak ada perbedaan persepsi antara siswa laki-laki dan siswa perempuan terhadap sikap guru. Implikasi penelitian adalah kepada guru untuk mengetahui serta mempelajari sikap guru pada aspek pedagogik, profesional, personal dan sosial dalam proses pembelajara IPA. Kata kunci : Persepsi, pembelajaran IPA, sikap guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:05
Last Modified: 27 Nov 2020 02:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1785

Actions (login required)

View Item View Item