PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI BERNUANSA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 1 TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA

FEBIAN, PRIHATMOKO and Rona, Taula Sari and Wince, Hendri (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI BERNUANSA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 1 TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
9 FEBIAN PRIHATMOKO (1610013221011) ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
9 FEBIAN PRIHATMOKO (1610013221011) BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
9 FEBIAN PRIHATMOKO (1610013221011) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
9 FEBIAN PRIHATMOKO (1610013221011) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
9 FEBIAN PRIHATMOKO (1610013221011) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
9 FEBIAN PRIHATMOKO (1610013221011) COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
9 FEBIAN PRIHATMOKO (1610013221011) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
9 FEBIAN PRIHATMOKO (1610013221011) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran biologi bernuansa pendidikan karakter yang valid dan praktis pada materi sistem pernapasan untuk siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) menggunakan 3 tahap dari 4-D models yang terdiri dari tahap Define (pendefenisian), Design (perancangan), dan Develope (pengembangan). Data penelitian diperoleh melalui angket validator yaitu 2 orang ahli dan 1 orang guru biologi dengan 26 orang siswa kelas VIII SMPN 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Hasil pengembangan dikatagorikan valid dari aspek kelayakan isi 3,50 (sangat valid), komponen kebahasaan 3,43 (valid), komponen penyajian 3,30 (valid). Modul pembelajaran yang dihasilkan dikatagorikan sangat praktis oleh guru biologi dari aspek kemudahan penggunaan 87,50% (praktis), manfaat 93,75% (sangat praktis), daya tarik 83,33% (praktis) dan dari aspek waktu pembelajaran dengan kepraktisan 100% (sangat praktis). Dikatagorikan praktis oleh 26 siswa dari aspek kemudahan penggunaan 86,92 (praktis), manfaat 84,29 (praktis), daya tarik 85,74% (praktis), dan dari aspek efisiensi waktu dengan kepraktisan 89,42% (praktis). Dari penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran biologi bernuansa pendidikan karakter pada materi sistem pernapasan kelas VIII SMPN 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya dikategorikan valid dan praktis. Sehingga modul pendidikan karakter ini dapat digunakan untuk sekolah lainnya. Kata Kunci: Modul, Pembelajaran, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:20
Last Modified: 27 Nov 2020 02:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1789

Actions (login required)

View Item View Item