PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN 5 BUKITTINGGI

ERA, FAZIRA and Wince, Hendri and Gusmaweti, Gusmaweti (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN 5 BUKITTINGGI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
10 ERA FAZIRA (1610013221012) ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
10 ERA FAZIRA (1610013221012) BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
10 ERA FAZIRA (1610013221012) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
10 ERA FAZIRA (1610013221012) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
10 ERA FAZIRA (1610013221012) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
10 ERA FAZIRA (1610013221012) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
10 ERA FAZIRA (1610013221012) COVER.pdf

Download (198kB)
[img] Text
10 ERA FAZIRA (1610013221012) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Bukittinggi. Dengan populasi dalam penelitian ini sebanyak 163 siswa. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan purposive sampling dan untuk penentuan dua kelas sampel yang terdiri atas satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol dilakukan secara random. Data hasil belajar ranah kognitif, diuji dengan uji normalitas, homogenitas dan kemudian dilakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen (rata-rata 90,60) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (rata-rata 83,51), hasil uji t dengan taraf kepercayaan α = 0,05 di dapat harga thitung = 1,8416 sedangkan tTabel adalah 1,6766. Hal ini berarti thitung>tTabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN5 Bukittinggi. Guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam usaha meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci:Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:23
Last Modified: 27 Nov 2020 02:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1790

Actions (login required)

View Item View Item