PENGARUH UMUR PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN REPUTASI UNDERWRITER TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2015

Fadil Muhammad Erfar, `Fadil Muhammad Erfar and Listiana Sri Mulatsih, Listiana and Rika Desiyanti, S.E, M.Si, Rika Desiyanti, S.E, M.Si (2017) PENGARUH UMUR PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN REPUTASI UNDERWRITER TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2015. Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi Lengkap Fadil Muhammad Erfar.docx
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)

Abstract

PENGARUH UMUR PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN REPUTASI UNDERWRITER TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2015 Fadil Muhammad Erfar1, Listiana Sri Mulatsih2, Rika Desiyanti2 1Mahasiswa Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta 2Dosen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta Email: fadilmuhammaderfar@ymail.com, economiciana@yahoo.com, Rikadyanti@yahoo.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umur perusahaan, ukuran perusahaan dan reputasi underwriter terhadap underpricing saham pada perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2015. Sampel dalam peneltian ini adalah sebanyak 138 perusahaan yang mengalami underpricing. Data yang digunakan pada penelitian adalah data sekunder. Pada penelitian ini mengunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda, uji hipotesis dengan menggunakan uji t-statistik untuk menguji koefisien regresi secara parsial dan uji F-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan. Penelitian ini menghasilkan temuan secara parsial bahwa umur perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing saham. Sedangkan ukuran perusahaan dan reputasi underwriter tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing saham. Secara simultan variabel independen dalam penelitian berpengaruh signifikan terhadap underpricing saham. Kata kunci: Initial Public Offering (IPO), Underpricing, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Reputasi Underwriter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:37
Last Modified: 08 Jan 2024 02:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18021

Actions (login required)

View Item View Item