PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MEREK ROKOK SAMPOERNA A MILD PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA PADANG (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang)

Syahdam, Syahdam and Yuhelmi, Yuhelmi and Irda, Irda (2017) PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MEREK ROKOK SAMPOERNA A MILD PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA PADANG (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi Syahdam 1210011211094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)

Abstract

PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MEREK ROKOK SAMPOERNA A MILD (Pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang) Nama : Syahdam Pembimbing : Yuhelmi, SE, MM dan Irda, SE, MA ABSTRAK Munculnya wacana pemerintah untuk menaikan harga rokok di Indonesia memunculkan pro dan kontra dalam masyarakat. Bagi masyarakat yang anti merokok sangat mendukung program pemerintah sebagai bagian dari hidup sehat, akan tetapi bagi masyarakat pencandu rokok, wacana meningkatnya harga rokok menciptakan dampak psikologis yang kuat dalam diri masyarakat pencandu rokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis yang terdiri dari persepsi, kepercayaan dan sikap terhadap keputusan pembelian mahasiswa pada rokok merek Sampoerna A Mild. Menurut Tjiptono (2010) faktor psikologis merupakan sejumlah atribut yang mempengaruhi perilaku kejiwaan seorang konsumen pada sebuah merek produk dan jasa tertentu. Masing masing faktor psikologis diduga berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengkonsumsi Rokok Sampoerna A Mild di yang aktif di Universitas Bung Hatta sedangkan ukuran sampel yang digunakan berjumlah 382 orang mahasiswa di Univeritas Bung Hatta yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung yaitu dengan menyebarkan kuesioner penelitian. Pada penelitian ini yang menjadi variabel dependen adalah keputusan pembelian, sedangkan variabel independen terdiri dari persepsi, kepercayaan dan sikap. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dan uji t-statistik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan bahwa faktor psikologis yang diukur dengan persepsi, kepercayaan dan sikap secara individual berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa di Universitas Bung Hatta pada Rokok Sampoerna A Mild. Perusahaan, disarankan untuk terus meningkatkan kualitas dari Rokok Sampoerna A Mild, serta selalu menciptakan kestabilan harga, efektifits distribusi agar psikologis konsumen yang terlihat dari persepsi kepercayaan dan sikap untuk terus membeli dan mengkonsumsi Rokok Sampoerna A Mild tetap tinggi dimasa mendatang khususnya pada mahasiswa di Universitas Bung Hatta. Kata Kunci: Persepsi, Kepercayaan, Sikap dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:06
Last Modified: 09 Jan 2024 02:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18032

Actions (login required)

View Item View Item