PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR, KOMITMEN AFEKTIF DAN KEADILAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN KERJA (Studi Empiris Pada Pegawai PDAM Kota Padang)

Citra Lovira, Citra Lovira and Ice Kamela, Ice and Dahliana Kamener, BS, MBA, Dahliana Kamener, BS, MBA (2017) PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR, KOMITMEN AFEKTIF DAN KEADILAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN KERJA (Studi Empiris Pada Pegawai PDAM Kota Padang). Diploma thesis, Univ Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR, KOMITMEN AFEKTIF DAN KEADILAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN KERJA (Studi Empiris Pada Pegawai PDAM Kota Padang) 1Citra Lovira, 2Dahliana Kamener, 3 Ice Kamela 1Mahasiswi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta 2Dosen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta E-mail:loviracitra123@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh Organizational Citizenship Behavior, Komitmen Afektif dan Keadilan Distributif terhadap Kepuasan Kerja pegawai PDAM Padang. Dasar teori yang digunakan meliputi Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior, Komitmen Afektif dan Keadilan Distributif. Ukuran atau jumlah sampel yang digunakan berjumlah 91 orang pegawai PDAM Kota Padang yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Proses pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan observasi langsung lewat penyebaran kuesioner. Secara umum variabel penelitian yang digunakan meliputi variabel dependen yaitu Kepuasan Kerja sedangkan yang menjadi variabel independen terdiri dari Organizational Citizenship Behavior, Komitmen Afektif dan Keadilan Distributif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pendekatan deskriptif yaitu dengan menggunakan model regresi linear berganda dan pengujian t-statistik. Proses pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa Organizational Citizenship Behavior, dan Komitmen Afektif secara individual berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja pegawai PDAM Kota Padang sedangkan Keadilan Distributif tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja pegawai PDAM Kota Padang. Oleh sebab itu disarankan bagi pimpinan untuk memperkuat kerja sama masing-masing karyawan dalam organisasi serta berlaku adil dalam mendistribusi wewenang jabatan, kompensasi dan tanggung jawab pada karyawan. Kata Kunci : Organizational Citizenship Behavior, Komitmen Afektif, Keadilan Distributif dan Kepuasan Kerja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:12
Last Modified: 09 Jan 2024 02:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18034

Actions (login required)

View Item View Item